IAW: Kasus Sambo Jadi Pintu Masuk Perbaikan dan Kualitas Kinerja Polri

- Jumat, 25 November 2022 | 21:55 WIB
Terdakwa Ferdy Sambo di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.  (ikbal muqorobin - harianterbit.com)
Terdakwa Ferdy Sambo di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (ikbal muqorobin - harianterbit.com)

HARIANTERBIT.com - Sekretaris Pendiri Indonesian Audit Watch (IAW), Iskandar Sitorus mengatakan, kasus dugaan pembunuhan Brigadir J oleh Irjen Ferdy Sambo menjadi pintu masuk bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar sesegera melakukan pembenahan institusi Polri secara mendasar. Bersih-bersih harus segera dilakukan untuk menumbuhkan kembali kepercayaan kepada Polri.

"Pengungkapan hal-hal buruk itu disatu sisi seakan terkesan hendak mengotori Polri. Namun disisi lain bisa juga hendak mengatakan harus sesegera dilakukan bersih-bersih terhadap Polri," ujar Iskandar Sitorus di Jakarta, Jumat, 25 November 2022.

Menurutnya, kedua kesan itu hendaknya bisa diramu menjadi simpul oleh Presiden Jokowi untuk kemudian ditatakelola di lembaga kepresidenan guna meraih kembali simpatik publik terhadap Polri. Jangan sampai momentum itu hilang sia-sia tanpa nilai tambah terhadap institusi Polri.

Baca Juga: Elektabilitas Airlangga Hartarto Rendah, Suara Golkar Bakal Rontok di Pemilu 2024, Lembaga Survei Dituding Ini

"Disudahi saja pertikaian antar personil di level Mabes Polri entah apapun yang akan menjadi motif penuntasannya. Karena saat ini kecenderungan konflik akan melebar sampai ke jenjang di bawah Mabes Polri. Itu semakin terbuka. Itu tentu akan merugikan Polri. Keseluruhan itu tentu akan membuat ruwet pemikiran Presiden," tandasnya.

Iskandar menilai, hiruk pikuk personil polisi yang sudah diketahui publik melakukan kejahatan atau minimal sedang disidang pengadilan, namun belakangan ini malah 'berhasil' memposisikan diri menjadi seperti layaknya polisi yang baik. Personil itu dan atau bagian-bagiannya kini terkesan mampu melakukan tindakan adu domba diinstitusinya.

"Kondisi itu sangat tidak ideal dari sisi manajemen. Itu sebuah aib besar," tandasnya.

Baca Juga: Balas Tudingan Miring Ferdy Sambo Cs, Kabareskrim Agus Andrianto: Kematian Brigadir J Aja Mereka Tutupi

Iskandar memaparkan, jikalau memang motif semua personil Polri yang terseret hiruk pikuk saat ini memang benar hendak melakukan pembenahan, maka pertanyaannya adalah kenapa tidak dilakukan saat mereka belum terseret-seret masalah. Sayang niat pembenahan dikumandangkan saat mereka dalam kondisi berlumur darah.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selingkuh, Polda Metro Tahan Kompol D

Rabu, 1 Februari 2023 | 12:18 WIB

Kuasa Hukum Minta Ricky Rizal Divonis Bebas

Selasa, 31 Januari 2023 | 20:55 WIB

Daftar Lengkap Pemain MPL ID S11

Selasa, 31 Januari 2023 | 14:55 WIB

Pihak Ferdy Sambo Tuding Jaksa Frustasi

Selasa, 31 Januari 2023 | 12:28 WIB
X