• Jumat, 9 Desember 2022

Gelombang PHK, Sri Mulyani Kaji Pemberian Bantuan Pekerja dan Korporasi

- Kamis, 24 November 2022 | 22:51 WIB
Menkeu Sri Mulyani
Menkeu Sri Mulyani

HARIANTERBIT.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani tengah mempertimbangkan pemberian bantuan untuk mengatasi badai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang sedang melanda Tanah Air saat ini.

"Kami akan melihat instrumen mana yang bisa dibantu dan siapa yang harus dibantu, apakah korporasi-nya atau buruh-nya," ungkap Sri Mulyani secara daring, Kamis (24/11/2022).

Sri Mulyani menyatakan akan berdiskusi dengan Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), serta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Baca Juga: Gedung Bareskrim Polri di Trunojoyo Kebakaran

Diskusi itu bertujuan untuk membuat bauran kebijakan yang tepat dalam mengatasi gelombang PHK di Indonesia.

Misalnya, kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, jika buruh terdampak PHK, akan dipertimbangkan apakah bantuan berasal dari Kemenaker atau BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara jika korporasi yang diberi bantuan, akan dipertimbangkan kembali pemberian penundaan atau pengurangan pembayaran pajak penghasilan (PPh) 25.

Baca Juga: Menko Airlangga Soroti Penurunan Produksi Migas Nasional

Sri Mulyani, dilansir Antara, menjelaskan fenomena badai PHK antara lain terjadi karena pengendalian permintaan ekspor, terutama tekstil dan produk tekstil serta alas kaki, dari beberapa negara maju dengan kenaikan suku bunga acuan yang agresif.

Halaman:

Editor: Arbi Terbit

Tags

Terkini

Erupsi Gunung Semeru Masih Terus Berlangsung

Kamis, 8 Desember 2022 | 12:15 WIB
X