• Jumat, 9 Desember 2022

BPBD DKI Imbau Kondisi Keselamatan Gedung Bertingkat Rutin Dipantau Manajemen

- Kamis, 24 November 2022 | 21:10 WIB
Perkantoran di Jakarta
Perkantoran di Jakarta

HARIANTERBIT.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau agar kondisi keselamatan dan mitigasi gedung bertingkat di Jakarta agar turut dipantau oleh pemilik sampai manajemen dari aset tersebut demi memastikan bisa meminimalisir efek dari bencana.

"Para owner, dan manajemen gedung bertingkat agar secara berkala memantau kondisi keselamatan dan mitigasi gedung bertingkatnya," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam pesan singkatnya di Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Langkah tersebut, kata Isnawa, perlu dilakukan agar setiap gedung di Jakarta bisa meminimalisir berbagai efek bencana alam seperti gempa bumi, terlebih ada patahan di Selatan Jakarta yang berpotensi bergerak sewaktu-waktu.

Baca Juga: Hutan Negara Hilang 8 Ribuan Ha, KPK Diminta Berantas Mafia Tanah di Kalsel

"Walaupun, selama ini BPBD dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat) atau Damkar rutin mengadakan sosialisasi pengamanan gedung bertingkat, tapi penting untuk dilakukan secara mandiri juga demi keselamatan," ujarnya.

Untuk pemantauan tersebut, Isnawa mengatakan bahwa para pemilik dan manajemen gedung bertingkat di Jakarta bisa melibatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait di Pemprov DKI Jakarta.

"Dalam pelaksanaannya berkoordinasi dengan Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) DKI Jakarta, BPBD DKI Jakarta ataupun Dinas Gulkarmat DKI," ucapnya.

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Erupsi Gunung Semeru Masih Terus Berlangsung

Kamis, 8 Desember 2022 | 12:15 WIB
X