• Sabtu, 10 Desember 2022

Prank KDRT Merendahkan Marwah Kepolisian, Baim Wong dan Paula Verhoeven Tak Bermoral

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 12:17 WIB
Baim Wong Beri Klarifikasi Setelah Tuai Kritikan Karena Daftarkan Merek Citayam Fashion Week (Sumber Instagram @baimwong)
Baim Wong Beri Klarifikasi Setelah Tuai Kritikan Karena Daftarkan Merek Citayam Fashion Week (Sumber Instagram @baimwong)

HARIANTERBIT. com - Aksi "prank" atau membuat laporan palsu tentang kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) ke pihak Kepolisian yang dilakukan Baim Wong dan istrinya Paula Verhoeven dikecam banyak kalangan.

Keduanya disebut melakukan perbuatan tidak bermoral, merendahkan marwah dan menghina kepolisian. Kedua pasangan suami istri itu bisa dipidana.

Pimpinan Majlis Ta'lim Was Sholawat An Nur, Ustadz Anugrah Sam Sopian mengatakan, tindakan Baim Wong dan istrinya yang membuat laporan palsu tentang KDRT ke pihak kepolisian masuk tindakan yang tidak bermoral. Selain itu yang dilakukan kedua artis tersebut juga merendahkan marwah dan kewibawaan institusi kepolisian.

Baca Juga: Heru Dinilai Publik Layak jadi Pj Gubernur DKI dari Tiga Nama yang Diajukan DPRD DKI

"Tidak hanya itu, bersaksi dan bersumpah palsu adalah termasuk pelanggaran hukum dalam pidana Islam, yang mengakibatkan pelakunya terkena hukuman sebagaimana yang telah ditentukan oleh syariah. Kebohongan, fitnah/hoax, saksi palsu, sumpah palsu itu semua termasuk kabair/dosa besar dan ada konsekuensi hukum bagi pelakunya," jelasnya.

Pegiat media sosial Cecep Handoko,”Bukan saja tidak bermoral tapi sudah kebablasan demi konten sehingga apapun dilakukan," ujar Cecep Handoko, penggiat media sosial dari Universitas Bung Karno (UBK) Jakarta kepada Harian Terbit, Rabu (5/10/2022).

Pria yang biasa dipanggil Ceko menuturkan, polisi adalah institusi garda terdepan dalam penegakan hukum. Perbuatan Baim Wong dan istrinya tersebut bisa dikatakan ada pelanggaran hukum. Ceko menilai Baim Wong dan istrinya masuk kategori menghina atau mencela institusi negara.

Diketahui, Paula Verhoeven mendatangi Polsek Kebayoran Baru dan memberikan laporan tindakan KDRT yang dilakukan suaminya Baim Wong kepada petugas pada Sabtu (1/10) lalu. Namun laporan tersebut ternyata hanya untuk konten Youtube keduanya.

"Sabtu tanggal satu lebih kurang jam 4 sore, datang Paula mau bikin laporan tentang KDRT, ternyata laporannya buat konten Baim, ternyata prank,” kata Kepala Kepolisian Sektor Kebayoran Lama Komisaris Polisi Febriman, Senin (3/10).

Atas hal tersebut, Baim Wong dan Paula Verhoeven terancam hukuman satu tahun empat bulan sesuai pasal 220 KUHP.

Menyesalkan

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Tangkap Pelaku Pencabulan Anak 11 Tahun

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:55 WIB

Erupsi Gunung Semeru Masih Terus Berlangsung

Kamis, 8 Desember 2022 | 12:15 WIB
X