• Sabtu, 10 Desember 2022

Pengacara Brigadir J Soroti Putri Candrawathi Belum Ditahan Padahal Berkas Telah Lengkap

- Kamis, 29 September 2022 | 19:59 WIB
Pengacara Kamaruddin Simanjuntak bersama keluarga Brigadir J.  (Ikbal Muqorobin)
Pengacara Kamaruddin Simanjuntak bersama keluarga Brigadir J. (Ikbal Muqorobin)

HARIANTERBIT.com - Kuasa hukum keluarga Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak mendesak agar istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi segera ditahan. Hal ini seiring dengan berkas para tersangka pembunuhan Brigadir J yang sudah dinyatakan lengkap atau P21 sehingga sidang Ferdy Sambo Cs segera digelar. 

Proses selanjutnya setelah P21 yakni pelimpahan tersangka, bukti dan berkas perkara dari penyidik kepada jaksa penuntut umum (JPU) atau tahap 2. Sehingga nantinya kewenangan penahanan Putri Candrawathi berada di jaksa. 
 
"PC harus juga ditangkap dan ditahan oleh Kejagung setelah P21," tandas Kamaruddin Simanjuntak 
saat ditemui di Jakarta Barat, Kamis, 29 September 2022. 
 
 
Kamaruddin berharap agar jaksa tidak bersikap seperti penyidik yang menjadikan alasan kemanusiaan untuk tidak menahan Putri Candrawathi. Menurutnya semua orang di mata hukum memiliki kedudukan yang sama sehingga Putri harus segera ditahan.
 
"Kenapa hanya buat Putri Candrwathi berlaku alasan kemanusiaan, bukankah yang lain juga manusia?" kata Kamaruddin.
 
Diketahui Putri Candrawathi merupakan satu-satunya tersangka yang tidak ditahan dalam kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat. Penyidik menggunakan alasan kemanusiaan untuk tidak menahan Putri Candrawathi.
 
 
Kuasa hukum Putri, Arman Hanis pun tengah mempersiapkan permohonan kepada Kejaksaan Agung agar kliennya tidak ditahan.
 
"Dan nanti kalau sudah pelimpahan tahap 2 itu sudah keputusan subjektif dari JPU. Namun kami selaku tim kuasa hukum memohon kepada penyidik atau JPU agar dapat mempertimbangkan alasan-alasan kemanusiaan," tandasnya.
 
Arman menjelaskan alasan kemanusiaan yang dimaksud adalah kondisi kesehatan Putri Candrawathi. Selain itu dia masih memiliki anak di bawah dua tahun. ***
 
 

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Tangkap Pelaku Pencabulan Anak 11 Tahun

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:55 WIB
X