• Sabtu, 10 Desember 2022

PAN Serahkan Tiga Nama Calon Pj Gubernur DKI, Salah Satunya Orang Dekat Jokowi

- Rabu, 28 September 2022 | 21:38 WIB
Kasetpres Heru Budi Hartono. (instagram @herubudihartono)
Kasetpres Heru Budi Hartono. (instagram @herubudihartono)

HARIANTERBIT.com - Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta telah mengusulkan tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan yang akan lengser pada 16 Oktober 2022 mendatang.

Ketiga nama itu antara lain Dirjen Politik Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar, Kepala Sekretariat Kepresidenan (Kasetpres) Heru Budi Hartono, dan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali.

Kebetulan, nama yang didorong PAN itu semunya diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Ketiga nama yang diusulkan ke Menteri Tito Karnavian hasil voting Dewan Parlemen Kebon Sirih.

Baca Juga: Heru: Keputusan Jadikan Pulau G Sebagai Permukiman Adalah Amanat Perpres 60/2020

Penasihat Fraksi PAN DPRD DKI, Zita Anjani menjelaskan, alasan fraksinya mempertimbangkan ketiganya menjadi calon Pj Gubernur penerus Anies karena Pegawai Negeri Sipil (PNS) Eselon I.

"Kita lihat kan pertama Pj harus Eselon 1. Di DKI ada eselon 1 yakni Sekda (Marullah Matali)," ucap Zita di gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu (28/9/2022).

Sedangkan memilih Bahtiar karena ia pernah mengemban tugas sebagai Pj Provinsi Kepulauan Riau. Dengan pengalaman tersebut PAN akhirnya memilih Bahtiar.

"Kedua kita melihat polanya dari Kemendagri. Di Kemendagri yang menonjol itu pak Bahtiar. Punya pengalaman jad Pj juga," urainya.

Baca Juga: Ferdy Sambo Siap Blak-blakan di Persidangan

Terakhir Kasetpres Heru Budi Hartono, lanjut Zita, diusungkannya Heru, lantaran dia berpengalaman menjadi pejabat Pemprov DKI Jakarta. Terlebih Heru merupakan partrner kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Satu lagi kan orang dekat Joko Widodo," tutupnya.

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Polisi Tangkap Pelaku Pencabulan Anak 11 Tahun

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:55 WIB

Erupsi Gunung Semeru Masih Terus Berlangsung

Kamis, 8 Desember 2022 | 12:15 WIB
X