• Minggu, 27 November 2022

Selain Mantan Jubir, Eks Pegawai KPK Ini Jadi Pembela Ferdy Sambo

- Rabu, 28 September 2022 | 13:24 WIB
Putri Candrawathi dan suami, Ferdy Sambo, saat rekonstruksi pembunuhan Brigadir J di rumah Duren Tiga, Jakarta Pusat.  (ikbal muqorobin )
Putri Candrawathi dan suami, Ferdy Sambo, saat rekonstruksi pembunuhan Brigadir J di rumah Duren Tiga, Jakarta Pusat. (ikbal muqorobin )
HARIANTERBIT.com - Eks juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah jadi pengacara Putri Candrawathi. Selain itu, Rasamala Aritonang yang juga mantan pegawau KPK didapuk menjadi tim pembela eks Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo dalam kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.
 
Rasamala sebelumnya mempertimbangkan beberapa hal hingga akhirnya bersedia menjadi kuasa hukum Ferdy Sambo
 
"Ya, setelah mempertimbangkan berbagai aspek dalam perkara ini saya menyetujui permintaan menjadi Penasihat Hukum," katanya kepada wartawan, Rabu, 28 September 2022. 
 
 
Mantan Tim Biro Hukum KPK ini menjelaskan alasan yang membuatnya yakin membela Ferdy Sambo. Menurutnya dalam kasus pembunuhan Brigadir J Ferdy Sambo telah memgungkapkan fakta yang sebenarnya. 
 
"Pertimbangannya terutama karena Pak Ferdy telah bersedia mengungkap fakta yang sebenarnya yang ia ketahui terkait kasus ini di persidangan nanti," jelasnya. 
 
Alasan kedua, pegiat antikorupsi ini juga meilhat sisi hak asasi manusia (HAM) dalam perkara tersebut. Alasan ketiga yakni Ferdy Sambo juga memiliki hak hukum dalam persidangan yang digelar secara objektif. 
 
 
"Kedua, adanya berbagai dinamika yang terjadi dalam kasus ini termasuk temuan Komnas HAM," imbuhnya. 
 
"Ketiga, Pak Ferdy dan Bu Putri juga warga negara Indonesia yang punya hak yang sama seperti warga negara lainnya. Sehingga terlepas dari apa yang disangkakan terhadapnya. Maka ia juga berhak diperiksa dalam persidangan yang objektif, fair dan imparsial, termasuk mendapatkan pembelaan yang proporsional dari penasihat hukum yang ia pilih," beber dia. 
 
Sebagai kuasa hukum, Rasamala menegaskan dirinya akan memastikan proses persidangan terhadap Ferdy Sambo berjalan objektif, fair dan imparsial.
 
Diketahui selain Rasmala, eks juri bicara KPK, Febri Diansyah juga masuk ke jajaran pembela istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi. ***
 

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PAM Jaya Dapat Alokasi PMD Sebesar Rp324,6 Miliar

Sabtu, 26 November 2022 | 23:00 WIB

Rencana Elon Musk Pulihkan Akun Twitter yang Diblokir

Sabtu, 26 November 2022 | 14:45 WIB

NasDem DKI Turun Tangan Bantu Korban Gempa Cianjur

Jumat, 25 November 2022 | 20:49 WIB

Fahira: Posisi Guru Istimewa dalam UUD 1945

Jumat, 25 November 2022 | 14:15 WIB
X