• Jumat, 9 Desember 2022

Yusuf Qaradawi Meninggal Dunia di Qatar, Akhir Hayatnya Tetap Mengecam Kudeta Militer di Mesir

- Senin, 26 September 2022 | 22:15 WIB
 Syekh Dr. Yusuf al-Qaradawi
Syekh Dr. Yusuf al-Qaradawi

HARIANTERBIT.com - Innalillahi wainnailaihi rojiun Syekh Dr. Yusuf al-Qaradawi meninggal dunia karena sakit dalam usia 96 tahun, Senin 26 September 2022 di Doha, Qatar.

Beliau adalah seorang cendekiawan Muslim yang berasal dari Mesir dan dikenal sebagai seorang Mujtahid pada era modern, selain sebagai seorang Mujtahid ia juga dipercaya sebagai seorang ketua majelis fatwa di Qatar.

Kelahiran 9 September 1926 Saft Turab, Mesir, Yusuf Qaradawi banyak menuliskan karya yang tercatat puluhan kitab dan buku, dimana sepanjang hidupnya Yusuf Qaradawi muda pernah dipenjara dalam usia 23 tahun atau pada tahun 1949 ketika Mesir dipegang Raja Faruk.

Baca Juga: AHY Dorong Perubahan dan Perbaikan, Pembangunan SDM Harus Menjadi Kesadaran Kolektif Bangsa

Keterlibatannya dalam pergerakan Ikhwanul Muslimin membuat hidup Yusuf Qaradawi penuh tantangan hingga perburuan oleh aparat dan pada tahun 1956 di bulan April Qaradawi kembali harus merasakan penjara selama dua tahun yang kemudian terjadi Revolusi di Mesir.

Ulama yang terkenal dengan khutbah perlawanan yang berani sehingga ia dilarang sebagai khatib di sebuah masjid di daerah Zamalik.

Yusuf Qaradawi memiliki tujuh orang anak, empat putri dan tiga putra dan ia membebaskan anak-anaknya untuk menuntut ilmu apa saja, sesuai dengan minat dan bakat serta kecenderungan masing-masing.

Baca Juga: Survei CSIS: Golkar Terpopular di Kalangan Pemilih Muda Dibanding PDIP, Gerindra, dan Demokrat

Dia juga tidak membedakan pendidikan yang harus ditempuh anak-anak perempuannya dan anak laki-lakinya.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Terkini

Erupsi Gunung Semeru Masih Terus Berlangsung

Kamis, 8 Desember 2022 | 12:15 WIB
X