• Sabtu, 10 Desember 2022

Anies Berharap RS Toto Tentrem Berikan Layanan Kesehatan Maksimal Bagi Masyarakat

- Senin, 26 September 2022 | 20:06 WIB
Gubernur Anies dalam suatu acara yang dihelar PMI DKI.
Gubernur Anies dalam suatu acara yang dihelar PMI DKI.

HARIANTERBIT.com - Gubernur DKI Anies Baswedan bersama segenap stakeholder menghadiri ceremony peletakan batu pertama atas pebangunan Rumah Sakit (RS) Toto Tentrem di wilayah Tebet, Jakarta Selatan, Senin (26/9/2022). Rumah sakit yang menangani khusus kasus-kasus bedah ini akan memiliki layanan regenerative medicine yang tak kalah dengan teknologi serupa di negara lain.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan apresiasinya atas pendirian RS Toto Tentrem. Ia berharap, agar RS ini dapat memberikan layanan kesehatan yang maksimal bagi masyarakat luas.

"Tentunya keberadaan RS Toto Tentrem ini merupakan inovasi yang luar biasa di bidang kedokteran, karena fokus di bidang bedah dan sel punca saja. Saya harapkan dengan adanya kekhususan ini, maka RS Toto Tentrem bisa memberikan manfaatnya yang maksimal bagi masyarakat," ujar Anies.

Baca Juga: Din Syamsuddin di UM Kudus: Muhammadiyah Potensial Menjadi Gerakan Pencerahan Global

Direktur  PT Toto Tentrem Dr. Purwati dr., Sp. PD, K-PTI, FINASIM, mengucap syukur atas prosesi peresmian tersebut.

"Alhamdulillah pada hari ini kita akan meletakkan batu pertama atas pembangunan RS Toto Tentrem. Adapun latar belakangnya adalah kami ingin memberikan layanan pada masyarakat khususnya di bidang bedah dan layanan unggulan Kedokteran Regeneratif (Regenerative Medicine),  Transplantasi Sel Punca untuk kanker ( HSCT) dan Pengembangan Riset Bioteknologi molekuler lainnya, yg tentunya semuanya sesuai dengan koridor koridor aturan yang sudah ditetapkan," ujar Direktur  PT Toto Tentrem Dr. Purwati dr., Sp. PD, K-PTI, FINASIM, Senin (25/9/2022).

Dr. Purwati berharap, dengan adanya RS Toto Tentrem, maka Indonesia dapat berkompetisi dengan negara lain dalam hal kemajuan dan pengembangan keilmuan di bidang sel punca atau stem cell yang juga begitu populer di negara lain.

"Pengembangan sel punca sendiri di tanah air sudah sangat maju, karena itulah kami ingin memberikan sumbangsih ke masyarakat dengan berdirinya RS Toto Tentrem ini, agar pasien yang berminat menerima perawatan sel punca tak perlu ke luar negeri yang tentunya jauh lebih mahal. Selain itu, bagi Indonesia sendiri ini adalah upaya kontribusi kami terhadap pemerintah Indonesia agar bisa meningkatkan devisa negara melalui medical tourism," sambungnya.

Baca Juga: Cegah Kriminalitas, PSI Dukung Langkah Pemprov DKI Tambah Titik CCTV di Jakarta

Untuk diketahui, kedokteran regeneratif adalah salah satu cabang ilmu kedokteran yang berhubungan dengan upaya meregenerasi sel-sel organ di tubuh manusia agar bisa kembali ke fungsinya semula.

Teknologi ini ada untuk menangani penyakit-penyakit yang selnya sudah rusak dan tidak bisa memperbaiki dirinya sendiri, seperti yang disebabkan oleh penyakit penyakit degeneratif dan imun sistem contohnya :  kanker, autoimun, liver, diabetes, dll .Terapi kedokteran regeneratif juga bisa digunakan untuk berbagai kasus medis lainnya seperti terapi fisik, bedah plastik, ortopedi.

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Polisi Tangkap Pelaku Pencabulan Anak 11 Tahun

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:55 WIB

Erupsi Gunung Semeru Masih Terus Berlangsung

Kamis, 8 Desember 2022 | 12:15 WIB
X