• Sabtu, 10 Desember 2022

Pengusaha Minta Jokowi Tunjuk PJ Gubernur DKI Sosok Mumpuni

- Rabu, 21 September 2022 | 11:36 WIB
Balaikota DKI Jakarta
Balaikota DKI Jakarta

HARIANTERBIT.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengakhiri masa jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta pada tanggal 16 Oktober 2022. Nantinya, Jakarta akan dipimpin Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta sampai terpilih Gubernur definitif pada Pilkada serentak di bulan November 2024.

Terkait hal itu, Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertajuk, PJ Gubernur DKI Jakarta Harapan Pelaku Usaha. Hasil FGD ini, akan disampaikan langsung kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebagai rekomendasi pelaku usaha atas pemilihan PJ Gubernur DKI Jakarta.

Ketua Umum DPD HIPPI DKI Jakarta, Sarman Simanjorang, menilai, sebagai kota jasa, DKI Jakarta membutuhkan kebijakan yang pro bisnis dan pro dunia usaha.

Baca Juga: Pj Gubernur Diharapkan Dengar Saran dan Kritik saat Pimpin DKI Selama Masa Transisi

"Untuk itu, Jakarta membutuhkan Penjabat Gubernur yang mengenal dan mengerti karateriastik Jakarta, sehingga tidak salah dalam membuat kebijakan," ujar Sarman di acara Focus Group Discussion (FGD) bertajuk, 'PJ Gubernur DKI Jakarta Harapan Pelaku Usaha' di Hotel Sofyan, Jakarta Pusat, Selasa (20/9/2022).

Mengingat ekonomi Jakarta yang sangat strategis, lanjut Sarman, maka pelaku usaha berharap agar Presiden dalam menunjuk Penjabat Gubernur DKI adalah sosok yang mumpuni, yang memahami karateristik kota Jakarta sebagai kota jasa, sehingga tidak salah dalam mengambil kebijakan.

"Dan yang paling penting mendalami akan profil ekonomi Jakarta, yang memerlukan regulasi dan kebijakan yang mendorong berbagai sektor usaha tumbuh produktif," kata Sarman.

Termasuk tahapan Pemilu 2024 yang sudah mulai berjalan, kata Sarman, sangat diharapkan Penjabat Gubernur DKI mampu menciptakan suasana politik yang tidak menimbulkan kegaduhan. "Sehingga berbagai sektor usaha dan jasa beraktivitas seperti biasa," ucapnya.

Pj yang Efektif

Di tempat yang sama, Ketua Umum KADIN DKI Jakarta, Diana Dewi berharap PJ Gubernur DKI akan menjadi pimpinan yang efektif. Karena selain harus menjalani roda pemerintahan, 2,5 tahun lagi juga akan menghadapi Pilkada.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Polisi Tangkap Pelaku Pencabulan Anak 11 Tahun

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:55 WIB
X