• Rabu, 7 Desember 2022

Heru, Marullah atau Juri? Ini Kata Jokowi soal Calon Pj Gubernur DKI Pengganti Anies Baswedan

- Selasa, 20 September 2022 | 14:50 WIB
Presiden Joko Widodo saat peresmian Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) dan Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1.  (sekretariat presiden)
Presiden Joko Widodo saat peresmian Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) dan Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1. (sekretariat presiden)

HARIANTERBIT.com - Nama Heru Budi Hartono, Marullah Matali dan Juri mengemuka sebagai calon Pj Gubernur DKI. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun memberi komentar terkait calon Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan. 

Jokowi mengatakan kemungkinan nama-nama calon pengganti Anies Baswedan itu masih digodok di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

"Belum sampai ke saya. Mungkin baru sampai ke Mendagri," kata Jokowi saat peresmian Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) dan Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1 di Tambun Utara, Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 20 September 2022.
 
Sebelumnya DPRD DKI Jakarta telah menyerahkan usulan tiga nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta ke Kementerian Dalam Negeri.
 
 
Tiga nama tersebut adalah Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekda DKI Jakarta Marullah Matali dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Kemendagri Bahtiar. 
 
Kemendagri akan melakukan verifikasi formil dan administrasi terhadap usulam tersebut sebelum diserahkan ke Presiden Jokowi untuk ditunjuk. 
 
Menurut Jokowi banyak kriteria yang harus dipenuhi calon untuk menjadi Pj Gubernur. Namun dia enggan menjelaskan lebih rinci. Dia meminta publik untuk bersabar. 
 
 
"Saya kira kriterianya banyak sekali nanti saja. Nanti kita putusin," tandas Jokowi.
 
Diketahui masa jabatan Anies Baswedan akan berakhir pada 16 Oktober 2022. DKI Jakarta akan dipimpin Pj Gubernur sampai Gubernur DKI Jakarta terpilih melalui Pilkada 2024 mendatang. ***

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ferdy Sambi Ngaku Panik Bharada E Tembak Brigadir J

Rabu, 7 Desember 2022 | 16:55 WIB

Polda Metro Tingkatkan Razia Narkoba Jelang Tahun Baru

Selasa, 6 Desember 2022 | 16:15 WIB
X