• Sabtu, 10 Desember 2022

Head to Head Calon Pj Gubernur DKI: Heru Budi Hartono vs Marullah Matali

- Selasa, 20 September 2022 | 13:26 WIB
Heru Budi Hartono dan Marullah Matali (Setneg.go.id dan Kemenag.go.id)
Heru Budi Hartono dan Marullah Matali (Setneg.go.id dan Kemenag.go.id)

HARIANTERBIT.com - DPRD DKI Jakarta telah menyerahkan tiga nama calon penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Hal ini terkait dengan masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang akan berakhir pada 16 Oktober 2022.

Tiga nama yang diserahkan yakni Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar.

Dari tiga nama tersebut Heru dan Marullah menjadi memiliki suara terbanyak dari hasil voting fraksi di DPRD DKI Jakarta. Baik Heru maupun Marullah bukan nama baru di Pemprov DKI Jakarta. keduanya sudah pernah menduduki jabatan strategis di Pemprov DKI.

Baca Juga: Ini Harga Tiket Film One Piece Red di Bioskop Cinema XXI dan CGV

Marullah saat ini menduduki jabatan Sekda DKI Jakarta. Sebelumnya pria asli Betawi ini menjabat sebagai Walikota Jakarta Selatan pada periode 2018 sampai 2021.

Sederet jabatan lain yang pernah diemban Marullah yakni Kepala Biro Pendidikan dan Mental DKI Jakarta, Asisten deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Pariwisata dan Asisten Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Pengendalian Kependudukan.

Atas dedikasi panjangnya di Pemprov DKI Jakarta, pria kelahiran 27 November 1965 ini mendapat penghargaan dari Gubernur DKI Jakarta atas masa kerjanya selama 25 tahun. Marullah juga menyabet penghargaan Satyalancana Karya Satya dari Presiden RI pada 2012.

Baca Juga: Video Menyebar, Bukti Jennie BLACKPINK dan V BTS Dikabarkan Pacaran Menguat?

Sementara itu Heru pernah memimpin kota administrasi Jakarta Utara pada 2014. Setahun kemudian Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta memberi tugas baru sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah DKI Jakarta.

Heru memulai karirnya di pemerintahan dengan menjadi staf khusus Walikota Jakarta Utara pada 1993. Pada 2008 Heru mendapatkan tugas sebagai Kepala Bagian Prasarana dan Sarana Perkotaan Jakarta Utara.

Sebelum menjadi Walikota Jakarta Utara pria kelahiran 13 Desember 1965 ini pernah sempat diamanahi tugas menjadi Kepala Biro KDH dan KLN DKI Jakarta.

Baca Juga: 5 Alasan Menonton ‘Side Story Of Fox Volant’, Drama China Terbaru tentang Balas Dendam dan Petualangan

Heru merupakan salah satu orang yang mendapatkan kepercayaan dari Presiden Joko Widodo sejak di Pemprov DKI Jakarta. Sebab itu pada 2017 Heru diboyong ke Istana Merdeka dan diberi kepercayaan menjadi Kepala Sekretariat Presiden RI sampai sekarang.

Usulan nama calon  Pj Gubernur akan diverifikasi oleh Kemendagri. Kemendagri akan memverifikasi persyaratan formil dan administrasi. Nantinya hasil verifikasi Kemendagri akan diserahkan kepada Presiden Jokowi untuk menunjuk Pj Gubernur DKI Jakarta. 
 
teks: Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali.*** 

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Tangkap Pelaku Pencabulan Anak 11 Tahun

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:55 WIB
X