• Rabu, 7 Desember 2022

Kasus Pemerkosaan di Hutan Kota Jakut, Polisi Pakai UU Sistem Peradilan Pidana Anak

- Minggu, 18 September 2022 | 17:29 WIB
Ilustrasi kekerasan seksual.  (Foto: Pexels/RODNAE Productions)
Ilustrasi kekerasan seksual. (Foto: Pexels/RODNAE Productions)

HARIANTERBIT.com - Polres Metro Jakarta Utara (Jakut), menangani dugaan kasus pemerkosaan terhadap remaja putri berusia 13 tahun Hutan Kota Jakarta Utara sesuai Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012, tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA). 

Karena itu, polisi tidak bisa menahan para pelaku karena belum genap berusia 14 tahun. Kendati demikian, polisi tetap memproses kasus pemerkosaan ini.

"Namun, terkait penahanan terhadap anak ini diatur dalam Pasal 32 UU Nomor 11 Tahun 2012, tentang Sistem Peradilan Pidana Anak adalah minimal 14 tahun," ujar Kepala Polrestro Jakut Komisaris Besar Polisi Wibowo seperti dikutip, Minggu (18/9/2022).

Baca Juga: Pembangunan di Era Jokowi Jauh Lebih Banyak dari Era SBY, Datanya Dibeberkan

Wibowo menjelaskan, proses hukum atas kasus ini masih berjalan. Kasus pemerkosaan ini terjadi di Hutan Kota Rawa Malang, Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara pada 1 September lalu sekitar pukul 17.30 WIB.

Polisi telah menangkap empat anak yang diduga sebagai pekaku pemerkosaan terhadap remaja perempuan berusia 13 tahun di Hutan Kota Rawa Malang, Jakarta Utara. Mereka ditangkap pada 6 September lalu.

Polisi juga sudah memeriksa para pelaku yang rentang usianya antara 12 hingga 14 tahun. 

Dari hasil pemeriksaan itu, terungkap motif para pelaku melakukan pemerkosaan karena korban menolak penyataan cinta salah seorang dari mereka.

Baca Juga: Ketua Dewan Pers Meninggal, Din: Kepergian Almarhum Merupakan Kehilangan Bagi Bangsa Indonesia dan Dunia Islam

"Memang begitu, korban ini sedang pulang sekolah ketemu empat orang ini karena salah satu dari mereka pernah ditolak cintanya oleh si korban," ucap Wibowo.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Polda Metro Tingkatkan Razia Narkoba Jelang Tahun Baru

Selasa, 6 Desember 2022 | 16:15 WIB

Origami, Itu yang Ditinggalkan Timnas Jepang di Qatar

Selasa, 6 Desember 2022 | 16:08 WIB

Gempa M6,2 Megguncang Jember Jawa Timur

Selasa, 6 Desember 2022 | 15:00 WIB
X