• Rabu, 7 Desember 2022

Pemprov DKI dan World Bank Dukung Investasi untuk Wujudkan Kota Sejahtera dan Berkelanjutan

- Rabu, 31 Agustus 2022 | 06:08 WIB

HARIANTERBIT.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta  berkolaborasi bersama World Bank Group dan didukung oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), dan Kementerian Koordinator Bidang Perekenomian Republik Indonesia, menghadirkan acara pendukung (side event) untuk agenda U20 Mayor Summit 2022, dengan tema 'Kota Sejahtera dan Berkelanjutan: Berinvestasi pada Transformasi Kota (Prosperous and Circular Cities: Investing in Urban Transformation)'.

Kegiatan ini diselenggarakan pada Selasa (30/8/2022) di Jakarta, yang membahas mengenai investasi yang mengubah kawasan perkotaan untuk memainkan peran penting dalam memberdayakan kota.

Peran sektor swasta pun sangat penting dalam menghasilkan pembangunan yang inklusif, adil, dan berkelanjutan. Sesi ini adalah kesempatan baik untuk menonjolkan peran kota dan pemerintah daerah sebagai mitra strategis untuk mewujudkan visi G20, untuk membangun kembali dengan lebih baik dan lebih kuat.

Baca Juga: Bharada E dan Sambo Beda Keterangan, Rekonstruksi Penembakan Brigadir J Dilakukan Dua Kali

Pada kesempatan ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan bahwa, akar penyebab tantangan Jakarta dalam  mengatasinya permasalahan urban.

Gubernur Anies menyoroti bahwa beberapa tahun terakhir pembangunan di Jakarta selalu berbasis kendaraan pribadi.

"Selama beberapa dekade, manajemen perkotaan Jakarta terbiasa fokus pada pembangunan berorientasi kendaraan pribadi. Sehingga dampaknya adalah penggunaan kendaraan pribadi yang berlebihan. Saat ini, kami telah mereformasi manajemen perkotaannya menjadi Pembangunan Berorientasi Transit (TOD), yang menekankan penggunaan transportasi umum secara besar-besaran, untuk mengurangi kemacetan dan emisi karbon, menyediakan bangunan vertikal dan padat, dan integrasi," ujar Anies, Selasa (30/8/2022).

Disamping itu, Anies menilai kurangnya investasi dalam layanan dasar dan berdampak pada pelayanan yang kurang prima.

Baca Juga: Anies Ajak Anggota U20 Berkolaborasi Hadapi Tantangan Kesehatan, Hunian dan Pemulihan Ekonomi

Saat ini, Jakarta sedang melakukan pengembangan layanan dasar secara masif untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya. Bahkan, pendekatan baru untuk mengatasi masalah dan mengubahnya menjadi kenyataan sedang dijalankan.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Polda Metro Tingkatkan Razia Narkoba Jelang Tahun Baru

Selasa, 6 Desember 2022 | 16:15 WIB

Origami, Itu yang Ditinggalkan Timnas Jepang di Qatar

Selasa, 6 Desember 2022 | 16:08 WIB

Gempa M6,2 Megguncang Jember Jawa Timur

Selasa, 6 Desember 2022 | 15:00 WIB
X