• Kamis, 29 September 2022

Kanwil Kemenkumham DKI Berikan Remisi HUT RI Kepada 9.444 Napi

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 15:24 WIB
Pemberian remisi terhadap narapidana di HUT Kemerdekaan RI ke 77
Pemberian remisi terhadap narapidana di HUT Kemerdekaan RI ke 77

HARIANTERBIT.com - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta memberikan remisi kepada 9.444 narapidana pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Angka tersebut terdiri dari yang mendapat Remisi Umum I sebanyak 9.056 orang, yang mendapatkan Remisi Umum II berjumlah 277 orang dan 111 orang lainnya dinyatakan langsung bebas, .

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Ibnu Chuldun menatmengatakan, pemberian remisi kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) merupakan sebuah bentuk apresiasi dan penghargaan WBP yang telah berkomitmen mengikuti programprogram pembinaan yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dengan baik dan terukur.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin: Tinggalkan Ego Kelompok, Tantangan Indonesia Sudah di Depan Mata

Sejalan dengan tema HUT RI saat ini, dia berharap seluruh jajaran dapat meningkatkan kinerja serta menggerakkan masyarakat untuk bersinergi dalam mencapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor.

Hal tersebut disampaikan pada saat Pemberian Remisi Umum bertempat di Lapas Kelas I Cipinang, Rabu (17/08). Kegiatan pun dihadiri oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta yang diwakili oleh Kepala Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta, Yayan Yuhanah.
 
Membacakan sambutan dari Menkumham Yasonna H. Laoly, Ibnu Chuldun menyampaikan pengesahan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan sebagai tantangan bagi seluruh jajaran Pemasyarakatan untuk dapat mengimplementasikan Undang-Undang tersebut.

“Diharapkan proses Pemasyarakatan dapat dilaksanakan secara optimal guna mewujudkan tujuan Pemasyarakatan yang mulia,” tutur Ibnu Chuldun.

Baca Juga: Arsul Sani: Pidato Ketua MPR Terkait PPHN Cerminkan Hasil Rapat Gabungan
 
Setelah melaksanakan Upacara Bendera Peringatan Hari Kemerdekaan, pemberian remisi umum di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta juga diselenggarakan di 5 (lima) titik lokasi lainnya.

Pada Rutan Kelas I Cipinang, Inspektur Wilayah III, Iwan Santoso, memimpin pelaksanaan pemberian remisi umum. Adapun Para Pimpinan Tinggi Pratama lain pun ikut bertugas dan membacakan sambutan Menkumham yang terdiri dari Kepala Divisi Pemasyarakatan di Lapas Kelas I Salemba, Kepala Divisi Administrasi di Rutan Kelas I Pondok Bambu, Kepala Divisi Keimigrasian di Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta, dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM di Rutan Kelas I Jakarta Pusat.

Tahun ini, Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Kementerian Hukum dan HAM pun diperingati dalam suasana kemerdekaan yang akan digelar pada 19 Agustus 2022 mendatang. Rangkaian peringatan HDKD ke-77 Tahun 2022 telah diselenggarakan dengan berlandaskan asas semangat rasa untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta soliditas pegawai Kementerian Hukum dan HAM yang dapat menjadi modal kekuatan utama untuk menghadapi segala bentuk tantangan dan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Ferdy Sambo Siap Blak-blakan di Persidangan

Rabu, 28 September 2022 | 19:13 WIB

STIE Mulia Pratama, Bekasi Gelar Wisuda 260 Sarjana

Rabu, 28 September 2022 | 15:53 WIB

Jokowi Serahkan BSU Peserta BPJAMSOSTEK di Baubau

Rabu, 28 September 2022 | 10:25 WIB

Portugal 0-1 Spanyol: Morata Bawa Spanyol ke Semifinal

Rabu, 28 September 2022 | 08:35 WIB
X