• Kamis, 1 Desember 2022

Lengkap, Begini Catatan Psikologis Istri Ferdy Sambo

- Senin, 15 Agustus 2022 | 16:32 WIB
Tim LPSK saat mendatangi kediaman pribadi Ferdi Sambo di Jakarta Selatan untuk memeriksa istri Ferdi Sambo.  (nor)
Tim LPSK saat mendatangi kediaman pribadi Ferdi Sambo di Jakarta Selatan untuk memeriksa istri Ferdi Sambo. (nor)

HARIANTERBIT.com - Istri Ferdy Sambo Putri Candrawathi tengah mengalami gejala masalah kesehatan jiwa. Gangguan tersebut diketahui usai Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) melakukan asesmen psikologi terhadap Putri Candrawathi.

Wakil Ketua LPSK Susilaningtias mengatakan Putri Candrawathi menjalani pemeriksaan medis (psikiatri) dan psikologis oleh LPSK pada Selasa, 9 Agustus 2022. 
 
"Dari hasil pemeriksaan dan observasi, didapatkan kumpulan tanda dan gejala masalah kesehatan jiwa," katanya saat konferensi pers di kantor LPSK, Jakarta Timur, Senin, 15 Agustus 2022.
 
 
Susilaningtias menjelaskan dari hasil asesmen tersebut LPSK menyimpulkan Putri Candrawathi tidak memiliki kompetensi psikologis yang cukup memadai untuk menjalani pemeriksaan dan memberikan keterangan.
 
LPSK juga menyimpulkan Putri tidak memenuhi kriteria untuk dapat dipercaya terkait peristiwa kekerasan seksual, percobaan pembunuhan, tempus dan locus karena tidak diperoleh keterangan apapun sebagai akibat dari kompentensi psikologis yang tidak memadai.
 
 
"Teridentifikasi memiliki masalah psikologis yang belum dapat dikaitkan sebagai terduga korban kekerasan seksual dan terduga saksi percobaan pembunuhan," jelasnya. 
 
Lebih lanjut LPSK tidak menemukam adanya risiko keberbahayaan yang dipersepsikan sebagai ancaman dari pelaku kekerasan seksual yang sudah tewas. 
 
Namun LPSK menemukan potensi risiko keberbahayaan terhadap diri sendiri yang ditandai dengan kondisi psikologis menjadi PTSD disertai kecemasan dan depresi.
 
 
"Serta ditemukan potensi risiko keberbahayaan dari pihak lain yaitu situasi yang mengandung kekerasan sekunder dari tayangan media dan/atau pihak-pihak yang memberikan tekanan selama proses hukum berjalan," tambah Susilaningtias.
 
Sebelumnya Putri Candrawathi melayangkan surat permohonan perlindungan kepada LPSK. Permohonan didasarkan pada laporan dugaan pelecehan dengan terlapor Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.
 
Belakangan penyelidikan laporan tersebut dihentikan polisi karena tidak menemukan tindak pidananya.
 
LPSK memutuskan menolak permohonan perlindungan yamg diajukan Putri. ***

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usai Dipeluk Ferdy Sambo, Bharada E Bohong ke Kapolri

Rabu, 30 November 2022 | 17:08 WIB

Merajut Istighfar

Rabu, 30 November 2022 | 06:11 WIB

FKPPI DKI Bantu Warga Korban Gempa Cianjur

Selasa, 29 November 2022 | 18:53 WIB
X