• Kamis, 29 September 2022

Melalui Jakpreneur, Pemprov DKI Kembangkan UMKM Hingga ke Luar Negeri

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 20:53 WIB
Program Jakpreneur juga berperan dalam membantu para pelaku UMKM untuk bertahan dan dapat keluar dari krisis, akibat terdampak pandemi Covid-19 sejak 2020
Program Jakpreneur juga berperan dalam membantu para pelaku UMKM untuk bertahan dan dapat keluar dari krisis, akibat terdampak pandemi Covid-19 sejak 2020

HARIANTERBIT.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berupaya memfasilitasi Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) yang tergabung dalam Jakpreneur, agar dapat tumbuh dan berkembang dengan sukses, bahkan hingga ke luar negeri.

Nellywati, misalnya, terpilih menjadi satu dari tiga UMKM Indonesia ke Dubai Expo pada awal 2022. Pemilik Javanice Healthy ini mengungkapkan, seluruh prosesnya difasilitasi melalui program Jakpreneur, tanpa biaya alias gratis.

“Untuk bisa ke Dubai, proses kurasinya cukup panjang. Bangga juga akhirnya terpilih berangkat ke Dubai dan seluruh biayanya gratis, dari ongkos, penginapan, hingga konsumsi selama acara Dubai Expo 2022," kata Nelly di Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Menurutnya, selain mendapat bantuan perizinan, pelatihan, dan bimbingan, keuntungan bergabung dengan Jakpreneur juga dapat menjadi peserta dalam bazar secara gratis yang diadakan Pemprov DKI. Nelly mengungkapkan, Pemperov DKI Jakarta mulai dari kecamatan hingga dinas secara rutin menyelenggarakan bazar.

“Bergabung menjadi anggota binaan Jakpreneur yang saya rasakan manfaatnya itu sangat membantu bagi pelaku UMKM untuk bisa berkembang, bahkan hingga pasar ekspor ke luar negeri," ujarnya.

Javanice Healthy adalah UMKM yang memiliki keunggulan berupa inovasi produk tradisional, yakni wedang atau minuman dari rempah, namun disajikan secara kekinian. Contoh produknya, yakni Es Suhe (susu jahe dengan topping kolang-kaling) dan Coco Series, berupa perpaduan kelapa muda dan kolang-kaling. Javanice Healthy telah memiliki outlet cabang di Yogyakarta. Menurut Nelly, ada sembilan daerah yang berminat bergabung sebagai mitra waralabanya.

Sementara itu, Naugan Simanungkalit menceritakan usahanya dapat berkembang berkat dukungan dari program Jakpreneur. Menurut pemilik Alfee Coffee ini, tim Jakpreneur senantiasa memantau perkembangan usahanya.

“Secara langsung, tim Jakprenuer menghampiri saya, bertanya dan menawarkan bantuan untuk berbagai kendala usaha yang saya alami,” kata Naugan.

Sejak awal ia bergabung dengan Jakpreneur pada 2019, tim Jakpreneur senantiasa mendampinginya. Pada awal bergabung, tim Jakpreneur mendampinginya menyiapkan berbagai syarat perizinan usaha, mulai dari Nomor Induk Berusaha (NIB), merek terdaftar (Hak Kekayaan Intelektual/HKI), sampai sertifikat halal.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ferdy Sambo Siap Blak-blakan di Persidangan

Rabu, 28 September 2022 | 19:13 WIB

STIE Mulia Pratama, Bekasi Gelar Wisuda 260 Sarjana

Rabu, 28 September 2022 | 15:53 WIB

Jokowi Serahkan BSU Peserta BPJAMSOSTEK di Baubau

Rabu, 28 September 2022 | 10:25 WIB

Portugal 0-1 Spanyol: Morata Bawa Spanyol ke Semifinal

Rabu, 28 September 2022 | 08:35 WIB
X