• Rabu, 28 September 2022

Perbanyak CCTV Untuk Meminimalisir Tindak Kejahatan di Jakarta

- Senin, 8 Agustus 2022 | 00:28 WIB
Ilustrasi CCTV  (Wikipedia )
Ilustrasi CCTV (Wikipedia )

HARIANTERBIT.com - Legislatif DKI mengimbau agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dapat meminimalisir tindak kriminalitas di Ibu Kota.

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta, William Aditya Sarana mengatakan, Pemprov DKI Jakarta perlu memperbanyak kamera pemantau atau CCTV. Terutama di beberapa titik rawan Ibu Kota. Menurutnya, dengan diperbanyaknya CCTV di titik rawan kejahatan, dengan begitu tingkat kriminalitas dapat diminimalkan.

"Saya kira salah satu yang paling penting sebaran titiknya. Perlu diperbanyak terutama sifatnya untuk hal keamanan. Ke depannya CCTV harus fokus untuk manfaat keamanan dan memantau kondisi kota," katanya di Jakarta, Minggu (7/8/2022).

Baca Juga: Polda Metro Tetapkan Tersangka Pengemudi Pelat RFH Palsu yang Tabrak Polisi

Meski demikian, William mengatakan, dalam penambahan CCTV perlu dilakukan analisis kebutuhan. Sehingga lokasi-lokasi yang dipilih tepat sasaran dan sesuai kebutuhan warga Jakarta.

"Harus ada pemantauan dan analisis kebutuhan, misalnya, di tempat umum seperti pasar dan trotoar. Atau di tempat yang rawan kejahatan, itu bisa direkomendasikan," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi A DPRD DKI Jakarta, Nasrullah, mengharapkan CCTV di Jakarta juga terintegrasi dengan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Hal ini demi menciptakan kenyamanan dan keamanan masyarakat.

Ia menilai, integrasi CCTV dengan SKPD seperti Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), penting untuk direalisasikan oleh Diskominfotik DKI Jakarta.

Baca Juga: Polisi Bantah Terjadi Penembakan di Rumah Dinas Kabareskrim

"Makanya perlu ada integrasi yang terkoneksi dengan pihak lain," ujar Nasrullah, Minggu (7/8/2022).

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Ferdy Sambo Siap Blak-blakan di Persidangan

Rabu, 28 September 2022 | 19:13 WIB

STIE Mulia Pratama, Bekasi Gelar Wisuda 260 Sarjana

Rabu, 28 September 2022 | 15:53 WIB

Jokowi Serahkan BSU Peserta BPJAMSOSTEK di Baubau

Rabu, 28 September 2022 | 10:25 WIB

Portugal 0-1 Spanyol: Morata Bawa Spanyol ke Semifinal

Rabu, 28 September 2022 | 08:35 WIB
X