• Jumat, 7 Oktober 2022

Alasan Pengacara Brigadir J Nilai Seharusnya Polisi Terapkan Pasal Pembunuhan Berencana ke Bharada E

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 13:42 WIB
Rumah Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan. Di rumah ini Brigadir J disebut polisi tewas usai baku tembak dengan Bharada E.  (ikbal muqorobin)
Rumah Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan. Di rumah ini Brigadir J disebut polisi tewas usai baku tembak dengan Bharada E. (ikbal muqorobin)

 

HARIANTERBIT.com - Kuasa hukum keluarga Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J menganggap sangakaan pasal 338 KUHP Jo pasal 55 dan pasal 56 KUHP kepada Bharada Richard Eliezer atau Bharada E tidak tepat.
 
Kuasa hukum mengatakan seharusnya polisi menerapkan pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana. Alasannya, terdapat ancaman yang didapatkan Brigadir J sebelum tewas. 
 
"Perlu didalami lagi karena ada ancaman-ancaman sebelum kejadian. Jadi seharusnya pasal 340 pembunuhan berencana, kita hormati itu," kata anggota tim kuasa hukum keluarga Brigadir J, Eka Prasetya, kepada HARIANTERBIT.com, Kamis, 4 Agustus 2022. 
 
 
Kuasa hukum juga meyakini Bharada E bukan pelaku tunggal dalam peristiwa yang menewaskan Brigadir J. Pasalnya polisi menyertakan Junto Pasal 55 dan pasal 56 KUHP kepada Bharada E
 
"Dan tidak sendiri. Kita tunggu saja perkembangan apakah ada terdangka yang lain karena ada pasal 55, 56 KUHP," jelas Eka. 
 
Sebelumnya polisi menetapkan Bharada Richard Eliezer atau Baharada E sebagai tersangka. Penetapan tersangka terhadap Bharada E dilakukan dalam kasus dugaan pembunuhan yang dilaporkan keluarga Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J
 
 
"Malam ini penyidik sudah melakukan gelar perkara dan pemeriksaan saksi juga sudah kita anggap cukup untuk menetapkan Bharada E sebagai tersangka," ujar Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian di Bareskrim Polri, Rabu, 3 Agustus 2022. 
 
Andi Rian mengatakan Bharada E disangka melanggar pasal 338 KUHP junto pasal 55 dan 56 KUHP. Atas penetapan tersebut Bharada E langsung ditahan. 
 
 
Brigadir J tewas di rumah Irjen Ferdy Sambo di Komplek Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Jumat, 8 Juli 2022 lalu. Brigadir J disebut terlibat adu tembak dengan Bharada E sebelumnya.
 
Polisi menerangkan pemicu adu tembak itu adalah dugaan upaya pelecehan dan pengancaman yang dilakukan Brigadir J kepada istri Irjen Ferdy Sambo.***

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PN Jakarta Selatan Siap Gelar Sidang Ferdy Sambo

Rabu, 5 Oktober 2022 | 23:06 WIB

Polda Riau Ringkus Pelaku Pembuatan Bom Botol

Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:29 WIB
X