• Rabu, 10 Agustus 2022

Alasan Komnas HAM Belum Periksa Irjen Ferdy Sambo dan Istri

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 18:41 WIB
Ahmad Taufan Damanik, Ketua Komnas HAM.   (m1)
Ahmad Taufan Damanik, Ketua Komnas HAM. (m1)
HARIANTERBIT.com - Komisi Nasional (Komnas) HAM mengungkap alasan belum meminta kererangan Irjen Ferdy Sambo dan istri. 
 
Permintaan keterangan kepada Irjen Ferdy Sambo dan istri akan dilakukan usai Komnas HAM menyelesaikan sejumlah pemeriksaan terhadap pihak lain.
 
Komnas HAM sejauh ini sudah memeriksa keterangan dari sejumlah pihak. Di antaranya adalah keluarga Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, dokter forensik, sejumlah ahli, tim Siber Polri, ajudan dan asisten rumah tangga Irjen Ferdy Sambo
 
 
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan lembaganya belum dapat mengambil kesimpulan dari rangkaian pemeriksaan itu. Terdapat beberapa hal yang sifatnya masih menunggu hasil pemeriksaan seperti hasil autopsi ulang. 
 
"Itu diperkirakan 8 minggu. Hasil autopsi itu penting untuk memastikan penyebab kematian dari Josua, apakah semata-mata karena tembakan atau ada sebab lain," katanya di kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 3 Agustus 2022. 
 
Selain itu di tempat kejadian perkara (TKP) yakni rumah Irjen Ferdy Sambo, tidak ada rekaman CCTV yang menjadi kendala. Pasalnya polisi menyebut CCTV di dalam rumah dinas Kadiv Propam nonaktif itu tengah rusak. 
 
 
Lebih lanjut Komnas HAM juga masih akan melakukan pemeriksaan terkait uji balistik dan pemeriksaan TKP. Setelah semua informasi didapatkan dan dianggap lengkap, Komnas HAM baru akan memeriksa Irjen Ferdy Sambo dan istri. 
 
"Kami gak mau tersesat pada titik tertentu kemudian kita belum mengumpulkan bukti-bukti yang lain sehingga kita tidak bisa lakukan pendalaman dengan sebaik-baiknya. Itu soal metode," beber Taufan. 
 
 
Brigadir J tewas di rumah Irjen Ferdy Sambo di Komplek Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Jumat, 8 Juli 2022 lalu. Brigadir J disebut terlibat adu tembak dengan Bharada E sebelumnya.
 
Polisi menerangkan pemicu adu tembak itu adalah dugaan upaya pelecehan dan pengancaman yang dilakukan Brigadir J kepada istri Irjen Ferdy Sambo. ***

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

8 Ide Kencan Seru Ala Drama dan Variety Show Korea

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:12 WIB

Ferdy Sambo Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J

Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:13 WIB

LPSK Datangi Bareskrim: Mau Berkoordinasi

Selasa, 9 Agustus 2022 | 12:58 WIB

Ash dan Aish Episode 1: Aish Kabur dari Rumah!

Selasa, 9 Agustus 2022 | 12:31 WIB
X