• Senin, 8 Agustus 2022

Tiga Langkah Transjakarta Minimalisir Pelecehan Seksual di Bus

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 23:14 WIB
Bus Transjakarta
Bus Transjakarta

HARIANTERBIT.com - PT Transportasi Jakarta atau TransJakarta terus berupaya meminimalisir tindakan pelecehan seksual di dalam layanannya. Kini, Transjakarta memiliki tiga bentuk mitigasi pelecehan seksual di TransJakarta, yaitu pencegahan, penindakan, dan tindak lanjut. 

Dalam langkah pencegahan, BUMD Pemprov DKI Jakarta bidang transportasi publik ini memiliki prosedur dalam menangani laporan terkait terduga pelaku pelecehan seksual yang belum ditindaklanjuti.

"Nah itu pernah terjadi waktu itu, netizen melaporkan hal tersebut (laporan dugaan pelecehan seksual). Kami tindak lanjuti dan akhirnya tertangkap," ujar Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Anang Rizkani Noor di Jakarta, Selasa (2/8/2022). 

Baca Juga: Inspektorat DKI Minta Jakpro Susun Mitigasi Bencana Buntut Ambruknya Pagar Tribun

Selanjutnya, Transjakarta menindak laporan tersebut dengan mengintegrasikan kepada tim terkait agar diusut lebih lanjut. 

Terakhir, langkah tindaklanjut TransJakarta yaitu menanyakan kesediaan korban untuk melaporkan perbuatan tidak menyenangkan tersebut kepada pihak berwajib. 

Sebab, tak semua korban bersedia melaporkan insiden pelecehan seksual yang dialami atau dilihat di bus Transjakarta

"Karena ada yang tidak punya waktu, malu, dan sebagainya. Sehingga kita mencari cara agar pelaporan itu sederhana dan menjamin kerahasiaan," tukasnya.

Anang berharap, adanya mitigasi tersebut membuat orang tidak segan melaporkan tindakan asusila di Transjakarta kepada pihaknya atau kepolisian.

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Ferdy Sambo Diperiksa di Mako Brimob selama 30 Hari

Minggu, 7 Agustus 2022 | 14:32 WIB

Jadi Kuasa Hukum Baru Bharada E, Ini Kata Deolipa

Minggu, 7 Agustus 2022 | 07:28 WIB

Alasan Irjen Ferdy Sambo Diamankan di Mako Brimob

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 23:54 WIB
X