• Rabu, 28 September 2022

DPR Minta Kemensos Investigasi Beras Bansos Dikubur di Depok

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 10:39 WIB
Bansos Presiden
Bansos Presiden

HARIANTERBIT.com - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, TB Ace Hasan Syadzily meminta Kementerian Sosial (Kemensos) buka suara terkait temuan bantuan sosial (bansos) dari Presiden berupa beras yang dikubur di Kota Depok, Jawa Barat.

Menurutnya, Kemensos tetap harus memberi penjelasan meski JNE selaku distributor telah bersuara terkait hal itu. Ace mempertanyakan klarifikasi JNE bahwa beras tersebut telah kedaluwarsa.

"Berarti bantuan sosial itu tidak dapat didistribusikan kepada warga yang berhak untuk menerimanya. Kami minta kepada Kementerian Sosial, jika timbunan itu merupakan bansos untuk klarifikasi kepada masyarakat," kata Ace saat dihubungi, Senin (1/8/2022).

Baca Juga: Komnas HAM Temukan Bukti Tambahan, Pakar Hukum Optimis Tersangka Besar Kasus Brigadir J Bisa Ditangkap

Politikus Partai Golkar itu juga mendesak aparat kepolisian mengusut temuan beras tersebut. Menurutnya, polisi perlu mengusut pelaku dan motif di balik pengurusan bansos. Penjelasan dari Kemensos, lanjut Ace, diperlukan agar tidak menimbulkan spekulasi di tengah masyarakat.

Terpisah, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini belum membeberkan secara rinci terkait bansos dari Presiden yang ditimbun tersebut. Dia hanya menyatakan bansos yang ditemukan terkubur di Depok itu tidak terjadi pada periode kepemimpinannya.

"Jadi yang jelas itu bukan zaman saya, karena waktu saya jadi menteri, Bapak Presiden sudah menyampaikan 'Bu Risma, jangan bantuan berupa barang," kata Risma di Jakarta, Senin (1/8/2022).

Beras Rusak

Menteri Koordinator Bidang Pengembangan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, jika beras yang ditimbun itu memang rusak, maka sudah sesuai dengan kebijakan pemerintah. Muhadjir mengatakan pemerintah memiliki kebijakan untuk tidak membagikan beras yang telah rusak.

Baca Juga: PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Hingga 15 Agustus 2022, Semua Daerah Berstatus Level 1

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Ferdy Sambo Siap Blak-blakan di Persidangan

Rabu, 28 September 2022 | 19:13 WIB

STIE Mulia Pratama, Bekasi Gelar Wisuda 260 Sarjana

Rabu, 28 September 2022 | 15:53 WIB

Jokowi Serahkan BSU Peserta BPJAMSOSTEK di Baubau

Rabu, 28 September 2022 | 10:25 WIB

Portugal 0-1 Spanyol: Morata Bawa Spanyol ke Semifinal

Rabu, 28 September 2022 | 08:35 WIB
X