• Senin, 26 September 2022

Rekan Tepis Anggota DPRD Soal Warga Alami Gizi Buruk

- Selasa, 19 Juli 2022 | 11:15 WIB

HARIANTERBIT.com - Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia menepis stigma anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan Ong Yenny soal adanya penderita gizi buruk di Kelurahan Kamal, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Rekan Indonesia menyebut, warga yang terbaring lemah dengan kondisi kurus tersebut bukan karena gizi buruk, tapi penyintas tuberculosis (TB).

Ketua Bidang Advokasi Kesehatan dari Rekan Indonesia, Hidayat mengaku pihaknya telah mengecek kabar itu di lokasi. Meski tubuh penyintas itu terlihat sangat kurus, bukan berarti dia menderita gizi buruk karena berdasarkan diagnosa dokter dia penyintas TB.

"Sepertinya perlu ada pemahaman yang jernih soal gizi buruk, sehingga tidak salah sorot hanya berdasarkan tampilan fisik," ujar Hidayat di Jakarta, Senin (18/7/2022).

Baca Juga: Ungkap Siapa yang Sponsori Relawan Jerry Duga Oligarki Memanfaatkan Ganjar

Menurut dia, warga tersebut sudah cukup lama mengidap TB aktif. Penyakit ini dibabkan oleh bakteri yang bernama Mycobacterium Tuberculosis dan dapat menyebar melalui percikan air liur.

"Sebagai anggota DPRD DKI, sebaiknya Ibu Ong Wenny meningkatkan pengetahuan terkait kesehatan masyarakat dan melakukan mitigasi dan investigasi terlebih dahulu bila mendapat laporan kasus, sehingga tidak menimbulkan salah persepsi melalui berita yang sensasional semata," ucapnya.

Seperti diketahui, anggota DPRD DKI Jakarta Ong Yenny menyoroti soal adanya warga yang terbaring lemah dengan kondisi kurus di Jalan Belakang Kelurahan Kamal, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Hal itu terungkap saat dia melakukan reses pada Jumat (8/7/2022) lalu. 

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Drakor di Netflix Siap Tayang, Mana yang Kalian Tunggu?

Senin, 26 September 2022 | 09:10 WIB

BTN Gelar Road Show Tabungan BTN Bisnis di Medan

Minggu, 25 September 2022 | 18:32 WIB

Sahabat Polisi Indonesia Peduli Pendidikan

Minggu, 25 September 2022 | 10:55 WIB

PPP Harus Jas Merah Terhadap Suharso Monoarfa

Sabtu, 24 September 2022 | 08:48 WIB

PA 212 Demo Tolak Harga BBM Naik, Ribuan Polisi Berjaga

Jumat, 23 September 2022 | 14:03 WIB
X