• Selasa, 6 Desember 2022

Parpol Disarankan Bentuk Koalisi Pilpres Lebih Awal 

- Jumat, 8 Juli 2022 | 11:12 WIB
Gbr partai politik
Gbr partai politik

HARIANTERBIT.com - Partai politik (parpol) disarankan segera membentuk koalisi guna persiapan kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Mengingat, tahun 2022 dinilai sebagai momentum untuk melakukan terobosan dan bisa memberikan kesempatan panjang melakukan sosialisasi visi misi program kebijakan.

"Ini menjadi fase lanjutan setelah berkoalisi atau mampu secara mandiri maju pilpres untuk menelurkan dan membumikan visi, misi program dan inovasi kebijakan platform pilpres ke publik ketika masih kesulitan bicara capres-cawapres," kata Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro di Jakarta, Kamis (7/7/2022).

Dirinya memberikan contoh koalisi yang sudah terbentuk yaitu Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) antara PAN, Golkar dan PPP yang bisa secara leluasa membuat program sesuai dengan koalisi yang terbentuk.

Baca Juga: Draft Final RKUHP, Gelandangan Denda Rp1 Juta dan Pelaku Perzinahan Diancam Satu Tahun Penjara

Menurutnya, beberapa partai politik yang mulai membuat poros koalisi sebaiknya segera melakukan deklarasi. Misalnya, Partai Gerindra dan PKB yang digembar-gemborkan koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) dan poros Gondangdia dari Partai NasDem, Demokrat dan PKS.

"Ini waktu yang tepat untuk mendeklarasikan resmi koalisi atau kembali menjajaki komunikasi dengan partai lainnya agar kans masing-masing ketua umum atau capres rekomendasinya dapat maju dalam Pilpres semakin besar," ucap Agung.

Agung menilai, apabila momentum tahun ini tidak digunakan untuk mendeklarasikan koalisi Pilpres 2024, partai yang lambat bisa jadi hanya sebagai pelengkap saja dalam koalisi yang sudah terbentuk.

Makin Baik

Peneliti senior Center for Strategic and International Studies (CSIS) Philips J. Vermonte mengatakan koalisi partai politik baik dilakukan lebih awal jelang Lilpres 2024.

"Saya kira makin awal koalisi dibentuk itu makin baik," kata Philips di Jakarta, Kamis (7/7/2022).

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

KKB Bunuh Dua Tukang Ojek  

Selasa, 6 Desember 2022 | 13:43 WIB

Jin BTS Wamil, BIGHIT MUSIC: Tak Ada Acara Apa-apa

Selasa, 6 Desember 2022 | 12:39 WIB

Bharada E: Mungkin Bang Ricky Tidak Mau Bicara

Selasa, 6 Desember 2022 | 09:21 WIB
X