• Kamis, 1 Desember 2022

Kisah Zakiah Alatas: Awalnya Takut, Lama Kelamaan Cinta sebagai Kader Tuberkulosis 

- Selasa, 5 Juli 2022 | 16:07 WIB
Zakiah Alatas kader TB Puskesmas Kecamatan Cengkareng sedang melakukan investigasi kontak dengan pasien TB
Zakiah Alatas kader TB Puskesmas Kecamatan Cengkareng sedang melakukan investigasi kontak dengan pasien TB

HARIANTERBIT.com - Ketika datang sebuah penawaran, setelah mengamati orang-orang di sekitar, dia tanpa ragu dan berpikir terlalu lama menerima ajakan wanita bernama Fitriani.

Siang itu di awal Februari 2015, ada acara kunjungan Jumantik (Juru Mantau Jentik) tenaga medis Puskesmas Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat ke lingkungan RW 9 Kelurahan Cengkareng Barat.

Fitriani salah satu perawat sebagai Jumantik juga Jumantuk (Juru Mantau Batuk) bertemu Zakiah Alatas seorang kader Jumantik, dan meminta dia menjadi kader TB.

Baca Juga: Airlangga: KIB Dibentuk untuk Menangkan Pemilu Presiden 2024

Tuberkulosis atau TBC atau TB, menggelitik keingintahuan ibu enam anak dan delapan cucu itu. Setelah bertanya tentang cara kerja dan tugasnya sebagai kader TB dan hasilnya mendapat jawaban yang memuaskan dari Fitriani bahwa penularan TBC dapat dicegah dengan cara kerja yang baik dan aman.

"Bu Zakiah mau nggak jadi kaderTB, Saya jawab kader TB apa yah? Kata bu Fitriani TB itu penyakit menular, dan bu Zaki hanya mendatangi pasien sesuai data datang yang kami (Puskesmas Kecamatan Cengkareng) miliki. Istilahnya investigasi kontak dengan mengambil sampel dahak ," kata Zakiah meniru perkataan Fitriani saat itu .

"Jujur awalnya saya takut karena menularnya itu. Tapi kok hati nurani saya berkata lain dan setelah dijelaskan bagaimana cara agar kita tidak tertular TBC, cara pencegahannya. Saya hari itu juga mengiyakan tawarannya," kenang Zakiah.

Baca Juga: Menko Airlangga: Penanganan Covid-19 Indonesia Masih Lebih Baik dari Negara Lain di Dunia

Semuanya berawal dari hati nurani, menolong orang sakit adalah salah satu ibadah, ditambah mendapat restu suami, hingga saat ini Zakiah masih menjadi kader TB Puskesmas Kecamatan Cengkareng.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

TEMPEST Raih Kemenangan Pertama di Show Champion

Kamis, 1 Desember 2022 | 12:54 WIB

Southgate 'Warning' Pasukannya Jepang Lawan Senegal

Kamis, 1 Desember 2022 | 08:05 WIB

Sikap Berterus Terang

Kamis, 1 Desember 2022 | 06:24 WIB

Usai Dipeluk Ferdy Sambo, Bharada E Bohong ke Kapolri

Rabu, 30 November 2022 | 17:08 WIB
X