• Jumat, 19 Agustus 2022

PVBMG Kirim Peringatan: Waspada, Guguran Material Erupsi Gunung Ile Lewotolok

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 14:19 WIB
Erupsi Gunung Ile Lewotolok
Erupsi Gunung Ile Lewotolok

HARIANTERBIT.com - Pos Pemantau Gunung Ile Lewotolok bagian dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur mengeluarkan peringatan terkait erupsi Gunung Ile Lewotolok.

Isinya, tiga desa yang berada di kaki gunung tersebut untuk mewaspadai potensi guguran material di saat intensitas erupsi dari gunung itu yang semakin tinggi.

"Daerah yang perlu diwaspadai adalah tiga desa karena masuk dalam kawasan zona merah, yaitu Jontona, Lamawolo dan Lamatokan," kata Kepala Pos Pemantau Gunung Ile Lewotolok Stanis Arakian saat dihubungi di Lewoleba, Lembata, dari Kupang, Sabtu, 2 Juli 2022.

Baca Juga: Menko Airlangga: Pemerintah Dukung Mahasiswa dan Generasi Muda untuk Berwirausaha, Ini Kemudahannya

Terakhir, sejak Sabtu dini hari pukul 00.00 WITA sampai 06.00 WITA jumlah letusan akibat erupsi gunung tersebut mencapai 15 kali letusan dan letusannya menimbulkan getaran di beberapa desa.

Oleh karena itu, katanya, apabila ada anomali yang membahayakan maka warga juga siap untuk diungsikan atas perintah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Ia menjelaskan bahwa berdasarkan data kegempaan selama enam jam terakhir sistem magma mulai kembali terbuka, setelah sempat tertutup sementara 24 jam terakhir.

Baca Juga: Bangun Infrastruktur bersama Ribuan Tukang Melalui Teknologi, Gravel Terima iNews Maker Awarda 2022

Data seismik enam jam terakhir berupa 43 kali gempa hembusan dan jenis gempa lainnya sehingga aktivitas siang ini cenderung landai ketimbang 24 jam terakhir.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelayanan di Outlet Samsat ITC Depok Terganggu

Jumat, 19 Agustus 2022 | 12:04 WIB
X