• Rabu, 17 Agustus 2022

Komisi A Apresiasi Anies Bangun Kembali Kampung Eks Pasar Gembrong

- Jumat, 1 Juli 2022 | 22:04 WIB
Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Ahmad Lukman Jupiter, mengapresiasi kerja cepat yang dilakukan Anies dengan melibatkan Baznas Bazis DKI Jakarta serta tokoh masyarakat setempat, Jumat (1/7/2022)
Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Ahmad Lukman Jupiter, mengapresiasi kerja cepat yang dilakukan Anies dengan melibatkan Baznas Bazis DKI Jakarta serta tokoh masyarakat setempat, Jumat (1/7/2022)

HARIANTERBIT.com - Langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang membangun kembali Kampung eks Pasar Gembrong, Jakarta Timur yang terbakar pada April lalu, mendapat pujian. Meski kepemimpinannya bakal berakhir pada 16 Oktober 2022 mendatang, namun Anies tetap menunaikan janjinya.

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Ahmad Lukman Jupiter, mengapresiasi kerja cepat yang dilakukan Anies dengan melibatkan Baznas Bazis DKI Jakarta serta tokoh masyarakat setempat. Kerja kerasnya, kata Jupiter, menghasilkan pembangunan yang selama ini ditunggu masyarakat setempat.

"Harus kita akui apa yang sudah dilakukan Pemprov DKI terutama Gubernur Anies menunjukkan sikap seorang pemimpin yang perhatian dan peduli kepada warganya. Beliau tidak pernah mengumbar janji dan selalu melakukan dengan aksi," kata Jupiter di Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Baca Juga: Tingkatkan Daya Beli Masyarakat, Wamendagri Minta Pemda Percepat Realisasi Anggaran

Menurutnya, pembangunan kembali hunian warga yang sempat terbakar di sana tentu sama halnya menghidupkan hajat hidup orang banyak. Apalagi mayoritas yang menjadi korbannya adalah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Mereka yang tinggal di sana sebagian pedagang dan kerugian yang mereka rasakan saat terbakar waktu itu tidak sedikit," ujar Jupiter dari Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta.

Jupiter mengatakan, langkah Anies ini juga dapat membangkitkan semangat para warga untuk tetap berwirausaha. Dia berharap, warga dapat menjaga perkampungannya dengan baik jika proyek itu selesai dibangun.

"Anies saya rasa pemimpin yang pro kepada rakyat kecil. Beliau bekerja tidak membedakan siapapun, ini patut di contoh," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menitip pesan saat proses groundbreaking atau peletakan baru pertama pembangunan Kampung eks Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Jumat (1/7/2022). Anies mengungkapkan pembangunan Kampung Gembira Gembrong dilakukan dengan konsep yang berbeda dimana bangunan menghadap sungai untuk sebagai halaman depan.

"Harapannya, konsep yang dibangun ini adalah konsep menghadap sungai, sungainya jangan dibelakangi, sungainya harus dijadikan sebagai halaman depan," kata Anies berdasarkan keterangan dari PPID DKI Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Konsep yang menelan anggaran sebesar Rp7,8 miliar itu merupakan hasil kolektif yang dikumpulkan oleh Baznas Bazis DKI Jakarta. Hal ini sama seperti apa yang sudah diterapkan di Inggris.

"Dengan begitu nantinya kampung ini bisa menjadi salah satu contoh kampung dibangun baru, kalau di Inggris namanya water front, kelihatan menghadap air dan airnya air sungai," jelas Anies.

"Nanti ada 136 unit yang nanti akan dibangun di atas lahan 1.200 meter persegi dan menelan biaya Rp7,8 miliar, lanjutnya.

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

LPSK Jaga Bharada E dari Ancaman Racun

Rabu, 17 Agustus 2022 | 07:11 WIB

Dirgahayu RI

Selasa, 16 Agustus 2022 | 23:55 WIB

Di Magelang, Brigadir J Setrika Baju Istri Ferdy Sambo

Selasa, 16 Agustus 2022 | 16:24 WIB

Dirut Meratus Line Jadi Tersangka Penyekapan Karyawan

Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:44 WIB
X