• Rabu, 10 Agustus 2022

Hindari COD Bermasalah, Tim Dosen UPN Veteran Jakarta Berikan Edukasi Hukum ke Warga Cilandak

- Jumat, 1 Juli 2022 | 18:55 WIB

HARIANTERBIT.com - Menyikapi maraknya isu kekerasan terhadap pengantar paket (kurir) Cash On Delivery (COD), tim dosen Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) memberikan edukasi hukum kepada warga. Dalam program pengabdian masyarakat kali ini, tim UPNVJ memberikan edukasi kepada masyarakat di Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

"Kegiatan ini dilatarbelakangi karena masih banyak terjadi perselisihan antara kurir dan konsumen di lapangan, sehingga tema mengenai COD ini masih sangat relevan untuk diangkat sebagai tema kegiatan pengabdian kepada masyarakat," kata Ketua Tim Dosen Fakultas Hukum UPNVJ Aji Lukman Ibrahim S.H., M.H dalam keterangannya, Jumat, 1 Juni 2022.

Aji menjelaskan kegiatan yang digelar pada Rabu, 29 Juni 2022 mengangkat tema “Edukasi Hukum Transaksi Elektronik Cash On Delivery”. Sebanyak 30 warga setempat yang merupakan perwakilan dari masing-masing RW mengikuti kegiatan ini di Aula Kelurahan Cilandak Barat.

Baca Juga: Satgas Pamtas Yonif 126/KC Bagi Obat Gratis Kepada Masyarakat Perbatasan Papua

Aji menuturkan, pihaknya menghadirkan sejumlah pemateri lain, yakni Dr. Handar Subhandi Bakhtiar S.H., M.H, Dosen Fakultas Ilmu Komputer Rio Wirawan S.Kom, M.S.I serta dibantu 3 mahasiswa aktif FH UPNVJ.

"Materi yang disampaikan berupa pemahaman secara komprhensif kepada masyarakat khususnya terkait dengan landasan hukum transaksi jual beli online, hak dan kewajiban pembeli atau konsumen, hak dan kewajiban pelaku usaha atau penjual, hubungan hukum antar pembeli, pelaku usaha dan kurir serta tips-tips berbelanja secara online dengan aman," terang Aji.

Dalam konteks tersebut, lanjut Aji, juga diharapkan peserta yang hadir, sekaligus masyarakat pada umumnya memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran hukum dalam pelaksanaan transaksi jual beli online yang bermuara pada terpenuhinya perlindungan konsumen, pelaku usaha dan kurir, sehingga mencegah terjadinya tindakan melawan hukum dalam proses transaksi elektronik tersebut.

Setelah pemaparan materi usai, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Kegiatan disambut baik oleh para peserta, hal ini dapat dilihat dari antusiasme dan keaktifan peserta dalam tanya jawab serta memberikan pendapat sekaligus sharing pengalaman-pengalaman pribadi pada sesi tersebut. 

"Pada awal kegiatan diadakan pre-test untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan awal masyarakat mengenai transaksi online dengan sistem pembayaran COD. Kemudian diakhir acara dilakukan post-test untuk membandingkan pengetahuan masyarakat sebelum dan sesudah dilakukan edukasi," ujar Aji.

Sekretaris Lurah Kelurahan Cilandak Barat Anne Shelviana, S.K.M, menyambut baik program pengabdian kepada masyarakat ini. Menurut Anne, pemilihan tema sangat menarik dan juga sesuai dengan permasalahan yang sedang terjadi pada masyarakat sekitar.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

8 Ide Kencan Seru Ala Drama dan Variety Show Korea

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:12 WIB

Ferdy Sambo Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J

Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:13 WIB

LPSK Datangi Bareskrim: Mau Berkoordinasi

Selasa, 9 Agustus 2022 | 12:58 WIB

Ash dan Aish Episode 1: Aish Kabur dari Rumah!

Selasa, 9 Agustus 2022 | 12:31 WIB
X