• Rabu, 10 Agustus 2022

Perubahan Nama Ruang Publik Jakarta, Begini Nasib Dokumen Administrasi Lama

- Senin, 27 Juni 2022 | 13:10 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat konferensi pers prihal nama baru bagi ruang publik (jalan, gedung, dan zona khusus) di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin, 27 Juni 2022. (sammy wattimena)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat konferensi pers prihal nama baru bagi ruang publik (jalan, gedung, dan zona khusus) di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin, 27 Juni 2022. (sammy wattimena)
 

HARIANTERBIT.com - Sesuai Keputusan Gubernur Nomor 565 Tahun 2022, Pemprov DKI Jakarta telah meresmikan nama baru bagi ruang publik (jalan, gedung, dan zona khusus) menggunakan nama-nama tokoh Betawi yang berjasa bagi perjalanan Jakarta dan Indonesia.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyampaikan, dokumen administrasi lama yang dimiliki masyarakat masih berlaku dan diakui secara legal. 

"Kami baru saja melakukan pertemuan bersama Kakorlantas Polri, Dirut Jasa Raharja dan Kakanwil BPN DKI Jakarta untuk memudahkan masyarakat dalam mengelola administrasi, baik kendaraan bermotor, kependudukan, perpajakan dan pertanahan," ujar Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (27/6/2022).

 
Baca Juga: PKS Tolak Penggunaan Peduli Lindungi Untuk Beli Migor

Untuk nama jalan yang baru akan diakomodir dalam sistem pencatatan administrasi di instansi terkait, serta disinkronkan dengan basis data kependudukan e-KTP.
 
Kemudian, perubahan dokumen administrasi akibat perubahan nama jalan tidak dikenakan biaya sama sekali.

Hal itu berlaku pada semua dokumen administrasi masyarakat. Terhadap dokumen eksisting yang dimiliki masyarakat dianggap masih sah sampai habis masa berlakunya dan datanya akan disesuaikan pada saat yang bersangkutan mengurus perpanjangan/pembaruan dokumen.
 
Baca Juga: Ramalan Zodiak Hari Ini: Taurus, Pisces Hargai dan Kenali Diri Sendiri

"Banyak hal dibahas, tapi kali ini kita ingin sampaikan perubahan nama jalan di Jakarta yang memiliki konsekuensi diduga membebani masyarakat, kami tegaskan tidak akan membebani," katanya.
 
"Semua (dokumen) yang tercatat tetap berlaku dan akan disesuaikan, yang masih berlaku tidak kemudian batal. Perubahan tidak memiliki konsekuensi biaya. Semua aspek tidak akan membebani, dan semua kesimpangsiuran akan diklarifikasi sehingga ada kepastian bagi semua," tambahnya.
 
Baca Juga: Anies Baswedan Ternyata Memiliki Weton Ini, Begini Watak dan Karakternya

Adapun para instansi terkait juga menyatakan dukungan atas Keputusan Gubernur Nomor 565 Tahun 2022 dan akan mengakomodir kebijakan penggantian nama jalan ini.***
 
 
 

Editor: Yuli Terbit

Artikel Terkait

Terkini

8 Ide Kencan Seru Ala Drama dan Variety Show Korea

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:12 WIB

Ferdy Sambo Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J

Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:13 WIB

LPSK Datangi Bareskrim: Mau Berkoordinasi

Selasa, 9 Agustus 2022 | 12:58 WIB

Ash dan Aish Episode 1: Aish Kabur dari Rumah!

Selasa, 9 Agustus 2022 | 12:31 WIB
X