• Minggu, 3 Juli 2022

Dibuka, Layanan Perubahan Data Dampak Penggantian Nama Jalan di Jakarta

- Kamis, 23 Juni 2022 | 21:03 WIB
Ilustrasi. KTP elektronik (ikbal muqorobin)
Ilustrasi. KTP elektronik (ikbal muqorobin)

 

HARIANTERBIT.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi DKI Jakarta bakal melayani masyarakat yang ingin mengubah data kependudukan. Ini dampak atas perubahan nama jalan sebanyak 22 jalan di DKI Jakarta dengan nama tokoh Betawi.

Perubahan nama jalan itu tercantum dalam Keputusan Gubernur Nomor 565 tahun 2022 tentang Penetapan Nama Jalan, Gedung dan Zona Dengan Nama Tokoh Betawi dan Jakarta.

"Untuk proses pembukaan layanan ini akan di mulai satu minggu kedepan pada loket-loket layanan Dukcapil tiap Kelurahan di DKI Jakarta, dan saya akan monitoring secara langsung di lapangan," kata Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta Budi Awaluddin pada Kamis (23/6/2022).

Baca Juga: Divonis Kanker Payudara, Rima Melati Sempat Drop saat Suami Berpulang

Budi mengatakan, jajarannya telah diimbau untuk melayani masyarakat dengan perubahan data di kolom alamat pada KTP, KIA dan KK tersebut sampai tuntas.

Harapannya momentum ini dapat dimanfaatkan masyarakat tidak hanya perubahan alamat saja, namun lebih dari itu masyarakat bisa memperbarui biodata terbarunya seperti status perkawinan, golongan darah, dan gelar yang mungkin ingin dicantumkan oleh masyarakat.

Baca Juga: Surya Paloh Hitung Kekuatan Lawan Sebelum Pilih Anies, Ganjar, dan Andika

"Setelah masyarakat mengganti dokumen kependudukannya, secara bertahap bisa melakukan penggantian dokumen lainnya," imbuhnya.

Guna menginventarisir pendataan dan kebutuhan blangko, pihaknya telah berkoordinasi dengan Ditjen Dukcapil Kemendagri. Bahkan Dirjen Dukcapil Kementrian Dalam Negeri mengapresiasi serta mendukung program dari Pemerintah DKI Jakarta pada perubahan nama jalan yang berasal dari tokoh lokal di Jakarta. 

Baca Juga: Anggota DPR Yakin M Lutfi Bongkar Mafia Minyak Goreng

"Saat ini yang sudah berjalan seperti layanan kampung sadar adminduk, layanan secara mobile dan layanan jemput bola tetap berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan, sehingga masyarakat tidak perlu lagi merasa urus KTP itu sulit, karena kami sudah berkomitmen bahwa Dukcapil DKI gratis dan melayani hingga tuntas," ucapnya

Selain itu Budi berpesan kepada masyarakat agar melapor jika menemukan praktik pungutan liar (pungli) dalam kepengurusan dokumen. Dia berjanji bakal menindaklanjuti laporan tersebut dengan cepat.

Baca Juga: Ketua PBNU Apresiasi Jenderal Dudung Terkait Akses Jalan Menuju Makam Ulama Sono Salah Satu Tokoh Pendiri NU

"Kami tidak segan memberi tindakan tegas kepada petugas yang masih memakai cara lama seperti itu. Hal ini bagian dari komitmen kami kepada masyarakat dalam memberikan layanan yang cepat, akurat dan tuntas," katanya.

Seperti diketahui, terdapat 22 nama jalan baru dengan nama yang berasal dari tokoh Betawi. Berubahnya jalan dengan nama tokoh Betawi tersebut, berdampak juga kolom alamat di KTP, KIA dan Kartu Keluarga.

Halaman:

Editor: Yuli Terbit

Artikel Terkait

Terkini

X