• Minggu, 3 Juli 2022

Proses Belajar Mengajar, Romi Syahril: Guru Tetap Kreatif Manfaatkan Media Digital

- Kamis, 23 Juni 2022 | 12:00 WIB
Seminar Nasional Pemanfaatan media digital untuk proses belajar mengajar (ril)
Seminar Nasional Pemanfaatan media digital untuk proses belajar mengajar (ril)


Jakarta, HanTer - Sejauh ini di tengah pandemi Covid-19 pembelajaran dilakukan jarak jauh, sehingga penggunaan media digital menjadi keharusan. Untuk itu guru dan tenaga kependidikan harus mampu mengoptimalkan peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai media pembelajaran.

Sayangnya, tidak sedikit guru yang belum terbiasa dan merasa kesulitan menggunakan media pembelajaran digital. Padahal sudah banyak sekolah yang mendapatkan bantuan peralatan TIK dari pemerintah.

Guna mengatasi persoalan tersebut, para guru dimana seyogyanya jangan berhenti belajar baik sendiri-sendiri maupun secara kelompok.

Baca Juga: DPR: Sambangi Rusia dan Ukraina, Jokowi Tunjukan Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia

Terlebih saat ini sudah banyak dilakukan bimbingan teknis penggunaan dan peralatan TIK oleh para instruktur yang mayoritas sudah menyandang gelar Google Master.

Seminar Nasional yang digelar PWI Jaya dan Universitas Mercu Buana bertajuk Pemanfaatan Media Digital Untuk Kegiatan Belajar Mengajar Interaktif yang digelar secara virtual di Jakarta, Rabu, 22 Juni 2022.

Tampil sebagai nara sumber Dr. Algooth Putranto, MIKom (Seksi Pendidikan PWI Jaya, Praktisi Media, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Jakarta), Romi Syahril, S.Sos, MM, MIkom (Ketua Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) PWI Jaya, Dosen Universitas BSI) dan Riki Arswendi M.I.Kom (dosen sekaligus Kepala Biro Humas Universitas Mercu Buana). Seminar dimoderatori Dudi Iman Hartono M.I.Kom, dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana.

Menurut Algooth Putranto, saat ini banyak instruktur komputer dari daerah-daerah yang sudah menyandang gelar Google Master Trainer. Bahkan , mereka sudah mempraktikkan pembelajaran menggunakan media digital kepada anak didik mereka.

Baca Juga: AHY dan Surya Paloh Bertemu Bahas Anies, Ganjar dan Andika

”Saya berharap ini menjadi inspirasi bagi semua guru di Indonesia, bahwa mereka juga bisa menguasai dan memanfaatkan media digital untuk pembelajaran. Asalkan ada kemauan untuk sungguh-sungguh belajar,” kata Algooth.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Terkini

X