• Kamis, 11 Agustus 2022

Ondel-ondel Riwayatmu Dulu, Punya Kekuatan Gaib!

- Selasa, 21 Juni 2022 | 19:07 WIB
Sekelompok pemuda membawa ondel-ondel di Cibubur, Jakarta Timur.  (yuli p)
Sekelompok pemuda membawa ondel-ondel di Cibubur, Jakarta Timur. (yuli p)

HARIANTERBIT.com – Ondel-ondel merupakan ikon Jakarta yang selalu ditampilkan setiap perayaan HUT Jakarta.
 
Sepasang boneka raksasa yang menari melenggak-lenggok dengan ekspresi senyum penuh keramahan, adalah tampilan Ondel-ondel yang telah mengalami banyak perubahan dari Ondel-ondel di masa lalu.
 
Ondel-ondel yang kini jadi hiburan, pada awalnya merupakan benda yang memiliki kekuatan gaib. Ditujukan sebagai penolak bala dan untuk melindungi kampung dari gangguan roh jahat serta wabah penyakit.
 
Tinggi ondel-ondel sudah standar, yakni 2,5 meter, dengan lebar 80 centimeter. Rangka Ondel-ondel terbuat dari bambu, dan pada bagian kepala terdapat rambut yang terbuat dari ijuk atau sabut kelapa. Sementara untuk bagian wajah yang berupa topeng, umumnya terbuat dari bahan kayu.
 
 
Istilah Ondel-ondel diartikan sebagai sesuatu yang bergerak dengan lincah. Ondel-ondel laki-laki dibuat berwarna merah yang melambangkan semangat dan keberaian.
 
Sedangkan yang perempuan berwarna putih, yang menandakan kebaikan. Dengan begitu pasangan Ondeo-ondel melambangkan antara keburukan dan kebaikan.
 
Pada awalnya tampilan Ondel-ondel tidak seperti yang banyak terlihat saat ini. Topeng Ondel-ondel awalnya digambarkan memiliki taring yang menyeramkan.
 
 
Ini disebabkan karena ondel-ondel punya fungsi sebagai penolak bala dan penangkal teluh atau santet atau mengusir mahluk halus.
 
Itu sebabnya, di beberapa rumah orang Betawi ataupun di kampung-kampung jaman dulu, boneka Ondel-ondel diletakkan di teras rumah atau di jalan kampung. Ini untuk menjaga dari hal-hal negatif.
 
Dalam disertasi yang ditulis Mita Purbasari Wahidayat dengan judul ‘Ondel-ondel Sebagai Ruang Negosiasi Kultural Masyarakat Betawi’, tercantum bahwa Barongan atau ondel-ondel kuno yang memiliki nilai sakral dengan ritual tertentu di jamannya.
 
 
Ini karena fungsi Ondel-ondel adalah untuk menolak bala, maka pembuatanya pun biasanya melalui proses ritual tertentu.
 
Dituliskan Mita, sebelum proses pembuatan, pengrajin menyediakan aneka sesaji berupa keemnyan, kembang tujuh rupa, dan bubur sumsum. Tujuannya sebagai pembuka jalan muculnya kekuatan gaib.
 
Ondel-ondel saat ini memang sudah banyak mendapat modifikasi. Bahkan sejak tahun 1970-an, Gubernur Jakarta Ali Sadikin, mencanangkan ondel-odel sebagai ikon Jakarta.
 
 
Wajah ondel-ondel yang semula menakutkan dan berbau mistis pun berubah jadi manis dan bersahabat. Ritual-ritual yang mendahuluinya dihilangkan.
 
Dan di tahun ini, pada gelaran ‘Jakarta Hajatan’ guna merayakan HUT Jakarta ke-495, Ondel-ondel seakan-akan menjadi bintang utama.
 
Dinas Kebudayaan DKI Jakarta menggelar serangkaian pementasan Ondel-ondel di ruang-ruang publik.
 
 
 
Kelompok-kelompok atau sanggar kesenian Betawi hasil binaan Dinas Kebudayaan DKI, dilibatkan guna mempertontokan atraksi Ondel-ondel, termasuk di mal-mal atau pusat perbelanjaan.
 
Tercatat beberapa tempat tersebut antara lain, Kota Tua, Baywalk Mall Pluit, Taman Ismail Marzuki, AEON Mall JGC, Kota Kasablanka, PRJ, Perkampungan Budaya Betawi hingga kawasan Pecinan.  
 
Komunitas Ondel-ondel pun tak ketinggalan ambil bagian dengan menghibur pengunjung kawasan Thamrin 10 Creative Park.
 
 
Namun yang menyedihkan masih ada sekelompok orang menggunakan ondel-ondel untuk meminta sumbangan. Mereka keluar masuk perkampungan Jakarta dengan memutar lagu menggunakan pengeras suara mengiringi dua ondel-ondel. 
 
Keberadaan mereka seringkali tak disukai masyarakat sengga kerap terjaring razia petugas. Selain berisik memutar musik tidak pada tempatnya penggunaan ondel-ondel untuk meminta-minta terkesan merendahkan ondel-ondel sebagai warisan budaya Betawi.***

Editor: Yuli Terbit

Artikel Terkait

Terkini

Pemeriksaan Ferdy Sambo di Komnas HAM Hari ini Batal

Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:46 WIB

Istri Irjen Ferdy Sambo Butuh Pengobatan Psikiater

Rabu, 10 Agustus 2022 | 20:14 WIB

8 Ide Kencan Seru Ala Drama dan Variety Show Korea

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:12 WIB
X