• Sabtu, 10 Desember 2022

PKS: Koalisi Parpol Tanpa Capres Fenomen Baru

- Senin, 20 Juni 2022 | 22:27 WIB
Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, menyebut siap berkoalisi dengan partai manapun dengan sejumlah syarat. (instagram @syaihku_ahmad_)
Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, menyebut siap berkoalisi dengan partai manapun dengan sejumlah syarat. (instagram @syaihku_ahmad_)
 
HARIANTERBIT.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menganggap terjadi fenomena politik baru yang terjadi jelang Pemilu 2024. Sosok calon presiden tak lagi menjadi magnet bagi partai politik berkongsi. ? Kopi
 
Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, mengatakan terjadi koalisi antar partai saat ini terjadi sebelum ada calon presiden maupun calon wakil presiden yang diusung. 
 
"Kita juga memasuki fenomena baru dalam politik Indonesia yaitu terjalinnya koalisi antarpartai tanpa didahului oleh tokoh calon presiden dan calon wakil presidennya," katanya saat memberi pidato politikpada Rapimnas PKS di Hotel Sahid, Jakarta, Senin 20 Juni 2022. 
 
Menurut Syaikhu dalam sistem presodensial yang dianut Indonesia, seharusnya sosok capres dan cawapres merupakan daya tarik utama untuk partai politik dan membentuk koalisi. 
 
"Dalam sistem presidensil capres adalah sentral dan episentrum yang akan menarik pergerakan koalisi partai-partai. Namun saat ini yang terjadi berbeda, biasanya capres yang menarik partai-partai tetapi saat ini partai-partai yang berusaha menarik siapa capres dan cawapresnya," terang dia.
 
 
Mantan Wakil Walikota Bekasi ini menilai fenomena tersebit terjadi lantaran partai politik tidak memiliki figur kuat yang dapat didorong sebagai kandidat.
 
"Kenapa? Karena masing-masing mungkin belum yakin akan bisa menyalonkan sendiri dalam koalisi," imbuh Syaikhu. 
 
 
Diketahui menjelag Pemilu 2024 sejumlah partai politik membuat poros kekuatan. PAN, PPP dan Golkar sudah membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Dan terbaru, Gerindra dan PKB bersepakat menjalin kerjasama untuk Pemilu 2024.***

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Tangkap Pelaku Pencabulan Anak 11 Tahun

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:55 WIB
X