• Jumat, 19 Agustus 2022

10 Makanan Korea yang Paling Sering Muncul di Drama Korea

- Senin, 20 Juni 2022 | 20:17 WIB
 
 
HARIANTERBIT.com – Makanan Korea kian populer saat ini. Ketenaran ini tak lain karena banyaknya drama-drama Korea yang memperlihatkan makanan-makanan ini. 
 
Namun jika secara visual saja, tentu masih ada yang bingung, apa sebenarnya makanan yang sedang dinikmati oppa oppa ganteng dan ounie-ounie yang cantik itu. 
 
Dan inilah deretan makanan yang sering muncul di drama-drama korea, yang dirangkum dari berbagai sumber:
 
 
 
Kimchi merupakan hidangan khas Korea di dalamnya terdapat sayuran seperti kubis, lobak dan mentimun, yang semuanya difermentasi dengan beberapa bumbu.
 
Fermentasi ini dilakukan bumbu makin meresap dan rasanya makin kuat dan lezat. Hidangan ini biasa dijadikan pelengkap dari makanan lainnya.
 
2. Ramyeon
 
Ramyeon atau Ramyun adalah mie instannya Korea. Sama seperti di Indonesia, ramyeon punya banyak varian rasa, mulai dari yang pedas, gurih, dan juga rasa seafood.
 
Makan ramyeon serasa belum lengkap kalau belum ditambahkan telur dan daun bawang. Dan bukan hal yang aneh, jika masyarakat Korea makan ramyeon langsung dari pancinya.
 
 
3. Jjangmyeon
 
Jjangmyeon adalah mie dengan saus kacang kedelai hitam. Saus ini disebut chunjang, yang dari kedelai yang dipanggang. 
 
Racikan saus biasanya ditambahkan dengan bawang merah cincang, timun Jepang dan daging atau seafood. 
 
4. Tteokbokki
 
Tteobokki adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung beras dan dimasak dengan saus gochujang. Saus ini memang saus khas Korea yang pedasnya bisa bikin ketagihan.
 
Tteobokki biasanya disajikan bareng eomuk (yang wujudnya mirip sate usus tapi rasa ikan), serta sosis.
 
 
 
5. Gimbap atau Kimbap, adalah nasi gulung rumput laut. Isi dalam gulungan nasi bisa bermacam-macam, mulai dari sayuran, daging, ikan tuna, irisan telur dan lain-lain.
 
Untuk nasinya, memang agak berbeda dari nasi yang biasa dikonsumsi masyarakat kita. Butiran nasi ini lebih pendek.
 
6. Bibimbap
 
Bibimbap adalah gabungan dua kata, yakni Bibim yang artinya mencampur, dan bap yang artinya nasi. Jadi Bibimbap adalah nasi yang dicampur dengan berbagai sayuran, telur dan daging.
 
Sayurannya biasanya terdiri dari bayam, toge, jamur, wortel dan timun jepang. Semua itu dicampur dengan saus gochujang atau saus pedas, dan dihidangkan dalam satu mangkuk bersama nasi.
 
 
7. Korean Chicken
 
Makanan yang satu ini sebenarnya bukan hal yang baru bagi masyarakat di tanah air. Hanya saja, ketika para oppa dan ounie di drama-drama Korea makan ayam goreng dengan tepung yang crispy, rasanya jadi beda.
 
Korean chicken memiliki beberapa varian rasa, seperti manis, pedas dan gurih.
 
8. Japchae
 
Japchae juga termasuk hidangan klasik di Korea. Terbuat dari mie tepung ubi jalar (dangmyeon), atau dikenal juga sebagai soun Korea.
 
Japchae biasa dimasak dengan potongan daging tipis serta sayuran, lalu dicampur saus manis dengan irisan irisan telur dan wijen yang ditaburkan di atasnya.
 
 
9. Jjampong
 
Masih seputaran mie juga, Jjampong adalah mie dengan kuah pedas nan merah membara, yang dicampur dengan seafood, seperti cumi atau kerang. Mie yang terbuat dari tepung gandum terasa makin maknyus dengan kuah kaldu ayam yang gurih dan menyehatkan.
 
10. Bungeoppang
 
Kue yang satu ini juga sering muncul. Bungeoppang adalah kue seperti wafel berbentuk ikan mas. Kue ini rasanya manis, karena dalamnya diisi dengan selai atau pasta kacang merah.
 
Para penggemar drama korea tentunya sering melihat para uonie makan bungeoppang ini dalam keadaan masih panas. Bungeoppang memang banyak dijajakan sebagai makanan kaki lima, terutama pada saat musim dingin.
 
 
Kesepuluh makanan ini sepertinya cukup menggugah selera. Apalagi, hampir di setiap serial drama Korea dalam genre apapun, selalu diselipkan degan makan. 
 
Dan adegan itu dilakukan oleh para aktornya dengan sungguh-sungguh, seakan membuat penonton ingin ikut merasakannya. 
 
Bisa jadi ini merupakan salah satu cara mereka untuk ikut memperkenalkan makanan Korea secara lebih luas. ***
 

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelayanan di Outlet Samsat ITC Depok Terganggu

Jumat, 19 Agustus 2022 | 12:04 WIB
X