• Kamis, 6 Oktober 2022

Anies Ungkap Pengunjung Taman Tebet Eco Park Membludak, Hingga Lampaui Kapasitas

- Kamis, 16 Juni 2022 | 23:57 WIB
Revitalisasi Taman Tebet menjadi Tebet Eco Park.
Revitalisasi Taman Tebet menjadi Tebet Eco Park.

Jakarta, HanTer - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim, pengunjung Taman Tebet Eco Park, Jakarta Selatan pernah membludak. Bahkan jumlah pengunjung di sana melampaui kapasitas. 

"Jumlah warga yang datang ke Tebet Eco Park sedemikian tinggi hingga taman dan wilayah sekitarnya menjadi amat padat. Taman yang dirancang berkapasitas 8.000-10.000, pernah kedatangan 60.000 warga dalam satu hari di akhir pekan," kata Anies yang dikutip dari akun Instagram resmi miliknya @aniesbaswedan pada Kamis (16/6/2022). 

Anies mengungkapkan, sejak Tebet Eco Park dibuka pada Sabtu, 23 April lalu, masyarakat Jakarta dan luar daerah berbondong-bondong datang untuk menikmatinya. Berbagai segmen usia dan ekonomi bergantian menjelajah taman dan memanfaatkan berbagai fiturnya.  

"Tentu kami di Pemprov DKI senang melihat antusiasme warga dalam memanfaatkan fasilitas yang sudah dibangun," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini. 

Menurut dia, Tebet Eco Park dibangun agar warga menikmati suasana taman dan hutan kota. Mereka juga bisa mendapatkan wawasan lingkungan hidup yang asri dan lestari. 

"Tujuan ini sulit tercapai bila kepadatan begitu esktrem yang membuat suasana taman lebih menyerupai festival daripada taman kota. Maka kami harus menata ulang pengelolaan Tebet Eco Park," imbuhnya. 

Sementara itu dikutip dari akun Instagram @tebetecopark, Tebet Eco Park sebelumnya dikenal dengan Taman Honda Tebet. Sedari dulu tempat ini menjadi lokasi aktivitas masyarakat setempat. 

Namun seiring berjalannya waktu, kondisi taman kian menurun sehingga memerlukan pemulihan kembali. Proyek revitalisasi seluas tujuh hektar yang dilakukan, berfokus pada restorasi ekologi untuk mengembalikan fungsi lingkungan serta sosial. 

"Mulai dari renaturalisasi sungai hingga penyediaan fasilitas rekreasi dan edukasi," demikian postingan dari @tebetecopark. 

Halaman:

Editor: Zamzam Terbit

Tags

Terkini

PN Jakarta Selatan Siap Gelar Sidang Ferdy Sambo

Rabu, 5 Oktober 2022 | 23:06 WIB

Polda Riau Ringkus Pelaku Pembuatan Bom Botol

Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:29 WIB
X