• Kamis, 1 Desember 2022

Tekuk Nepal 7-0, Indonesia Meluncur ke Piala Asia 2023

- Rabu, 15 Juni 2022 | 07:07 WIB
Selebrasi pemain Timnas Indonesia usai mencetak gol ke gawang Nepal.  (instagram @pssi)
Selebrasi pemain Timnas Indonesia usai mencetak gol ke gawang Nepal. (instagram @pssi)

HARIANTERBIT.com - Timnas Indonesia memastikan diri melangkah ke putaran final Piala Asia 2023 dengan status runner-up. Mereka mendampingi Yordania yang menyandang predikat sebagai juara Grup A.

Kepastian Indonesia melangkah ke putaran final Piala Asia 2023 tak lepas berkat kemenangan besar usai menggilas Nepal, tujuh gol tanpa balas, pada pekan terakhir penyisihan Grup A di Jaber Al Ahmad Stadium, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

Indonesia akan berkiprah di putaran final dengan status runner-up terbaik kedua di babak kualifikasi setelah Kyrgystan. Adapun Kyrgystan merupakan peringkat kedua terbaik dengan mengumpulkan tujuh poin di Grup F.

Baca Juga: Pasca Didepak Majelis Partai Gerindra, M Taufik Pastikan Masih Jadi Anggota DPRD DKI

Dan sejatinya, poin yang didapat Indonesia setara dengan Thailand selaku runner-up Grup C, Hong Kong runner-up Grup D dan Malaysia sebagai runner-up Grup E. Keempat tim sama-sama mengoleksi enam poin dari tiga laga yang telah dilalui di babak kualifikasi.

Akan tetapi kemenangan besar 7-0 atas Nepal membuat skuad Garuda, julukan Indonesia, dinobatkan menjadi yang terbaik dari tiga kontestan diatas lantaran unggul dalam produktivitas gol.

Baca Juga: Siap-siap, Kendaraan Tak Lakukan Uji Emisi Dikenakan Tarif Parkir Disinsentif

Peluang untuk menang telah tercium didalam tubuh Garuda. Itu tak lepas setelah skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong unggul 2-0 di babak pertama. Masing-masing gol dicetak Dimas Drajad saat laga baru berjalan lima menit, dan kemudian di susul Witan Sulaeman (43).

Status unggul rupanya tak mengendurkan semangat Garuda. Sebaliknya,  skuad Shin tampil ganas di paruh kedua. Terlihat, lima gol tambahan tersaji usai turun minum. Lima gol tersebut masing-masing dicetak Fachruddin Aryanto (54).

Baca Juga: Kasus Pembacokan di Jatinegara; Polisi Mulai Periksa Saksi-saksi

Kemudian disusul Saddil Ramdani pada menit ke-56, lalu giliran Elkan Baggott menit 79, Witan Sulaeman (81), dan gol penutup dari Marselino Ferdinand pada menit ke-89. Dan tentu saja, kesuksesan itu membuat Witan dan kolega pulang ke Tanah Air penuh dengan senyuman.

Piala Asia 2023 dijadwalkan bergulir pada 16 Juni-16 Juli tahun depan. Sebelumnya China berstatus sebagai tuan rumah. Namun rencana itu batal setelah Negeri Tirai Bambu tengah berkonsentrasi penuh mengatasi penanggulangan Covid-19 yang kembali merebak di wilayah tersebut.

Baca Juga: Waduuh, JPPR Usulkan Pemerintah Revisi Undang-Undang Pemilu

Setelah mundurnya China sebagai tuan rumah, AFC selaku konfederasi tingkat Asia merekomendasikan Indonesia sebagai tuan rumah. Memang belum diputuskan apakah PSSI menerima pinangan tersebut atau tidak.

Sebab tak bisa dipingkiri bahwa tahun depan sepakbola Indonesia disibukkan jadwal padat. Di tingkat senior akan melakoni putaran final Piala Asia 2023. Sedangkan di kategori U-19 juga menjadi fokus utama PSSI lantaran menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20, tahun depan.***

Editor: Yuli Terbit

Artikel Terkait

Terkini

TEMPEST Raih Kemenangan Pertama di Show Champion

Kamis, 1 Desember 2022 | 12:54 WIB

Southgate 'Warning' Pasukannya Jepang Lawan Senegal

Kamis, 1 Desember 2022 | 08:05 WIB

Sikap Berterus Terang

Kamis, 1 Desember 2022 | 06:24 WIB

Usai Dipeluk Ferdy Sambo, Bharada E Bohong ke Kapolri

Rabu, 30 November 2022 | 17:08 WIB
X