• Jumat, 19 Agustus 2022

Nikahin Adik Jokowi, PBHI Buat Petisi: Anwar Usman Harus Mundur dari MK

- Jumat, 3 Juni 2022 | 11:05 WIB
Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman
Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman

Jakarta, HanTer - Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia (PBHI) membuat petisi agar Anwar Usman mundur dari jabatannya sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK). Saat dilihat Harian Terbit, Jumat (3/6/2022), petisi tersebut telah ditandatangani sebanyak 227 orang.

Ketua MK yang merupakan adik ipar dari Presiden Jokowi merupakan salah satu alasan petisi tersebut dibuat. Julius Ibrani, Ketua PBHI menilai bahwa posisi Ketua MK dan Presiden Jokowi sangat bermasalah.

“Hubungan kekeluargaan ini tentu bermasalah, baik dari segi etika profesi dan perilaku hakim,” ujar Julius Ibrani, Kamis (2/6/2022).

Baca Juga: Tiga Tersangka Kekerasan Seksual Diringkus, Pelaku Berpura-pura Menagih Utang

Lebih lanjut lagi, seorang kepala negara dalam pengujian sebuah undang-undang memiliki kedudukan yang sama dengan DPR. Kepala negara sebagai pelaksana undang-undang bertugas untuk membatalkan dan mempertahankan undang-undang yang sedang diuji. Sehingga bisa berlawanan dengan kepentingan pemohon.

“Kepentingan presiden jelas berlawanan dengan kepentingan pemohon yang ingin UU dibatalkan,” kata Julius Ibrani.

Diketahui bahwa keluarga Jokowi telah memenangkan Pilkada Solo dan Medan, jika ditambah dengan kehadiran Anwar Usman sebagai Ketua MK, maka akan terjadi konflik kepentingan.

“Lantas, apakah Anwar Usman bisa melaksanakan tanggung jawabnya memeriksa perkara di MK? Jawabannya, enggak,” tutur Ketua MK.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman, Pasal 17 ayat 4 terdapat berbunyi:

‘Ketua majelis, hakim anggota, jaksa, atau panitera wajib mengundurkan diri dari persidangan apabila terikat hubungan keluarga sedarah atau semenda sampai derajat ketiga, atau hubungan suami atau istri meskipun telah bercerai dengan pihak yang diadili atau advokat.’

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Polisi Serahkan Berkas Ferdy Sambo ke Kejaksaan

Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:38 WIB

Pelayanan di Outlet Samsat ITC Depok Terganggu

Jumat, 19 Agustus 2022 | 12:04 WIB
X