• Rabu, 29 Juni 2022

Jelang Pensiun Anies Baswedan Ganti Penamaan HUT jadi Jakarta Hajatan

- Rabu, 25 Mei 2022 | 23:28 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan. (Harian Terbit)
Gubernur DKI Anies Baswedan. (Harian Terbit)

Jakarta, HanTer - Menjelang pensiun sebagai Kepala Daerah pada 16 Oktober 2022 mendatang, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk mengganti penamaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 Jakarta. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini sekarang menggantinya menjadi Jakarta Hajatan. 

"Hari ini kami telah hajatan untuk mengganti istilah ulang tahun Jakarta. Hajatan ini memiliki makna mensyukuri, makna merayakan, makna kerja sama, makna keguyuban. Ini adalah kosa kata yang amat biasa digunakan oleh masyarakat Betawi, Jakarta Hajatan," kata Anies dalam rangkaian acara Jakarta Hajatan di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Selasa (24/5/2022) siang. 

Menurut dia, rangkaian acara ini diluncurkan di Pulau Bidadari untuk mengingatkan semua, bahwa Jakarta yang terdiri dari daratan luas di Pulau Jawa, namun memiliki 111 pulau bernama Kepulauan Seribu. Meski namanya kepulauan, namun wilayahnya masih masuk ke dalam administrasi Provinsi DKI Jakarta. 

"Tidak ada kota besar di dunia yang memiliki kawasan kepulauan seperti Jakarta. Mungkin punya 1-2 pulau, tapi kepulauan seperti ini hanya ada di Jakarta, karena itu kami meluncurkan Jakarta Hajatan di kawasan kepulauan untuk mengingatkan kepada kita semua," ujar Anies

"Sekaligus untuk mengundang kepada masyarakat Jakarta, masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia, bahwa untuk bisa menikmati kawasan kepulauan, tidak harus pergi terbang jauh dari Jakarta. Cukup menggunakan kapal, kalau sampai ke Pulau Bidadari ini maksimal 45 menit - 1 jam, bahkan bisa setengah jam kalau menggunakan jet ski atau bisa 15 menit sampai di sini," lanjutnya. 

Anies berharap, kegiatan ini bisa membangun paradigma masyarakat bahwa untuk menikmati kepulauan tidak harus bepergian ke daerah lain. Pasalnya Jakarta memiliki daerah kepulauan yang sama indahnya dengan daerah lain di Indonesia. 

"Ini juga kesempatan bagi kami untuk mengundang, menikmati fasilitas digital untuk kegiatan produktif, yang bekerja jarak jauh dan memilih untuk bekerja di tempat tempat yang jauh dari perkotaan," ucapnya. 

Anies berkata, pemerintah daerah akan terus mempromosikan Kepulauan Seribu untuk menjadi salah satu destinasi wisata bagi para digital nomad. Anies mengajak para kreator untuk bisa berkreasi di Kepulauan Seribu karena berbagai dasar infrastruktur penunjang sudah disediakan di sana. 

Adapun digital nomad biasa disebut pengembara digital yang biasa menggunakan teknologi untuk melakukan pekerjaan dan menjalan gaya hidup nomaden, tetapi tidak bergantung pada lokasinya. 

Halaman:

Editor: Zamzam Terbit

Tags

Terkini

Milan-Liverpool Bersaing Dapatkan Asensio

Rabu, 29 Juni 2022 | 06:05 WIB
X