• Kamis, 1 Desember 2022

Terkait Premanisme di Jakarta; Perlindungan Sosial Harus Diperluas

- Senin, 16 Mei 2022 | 23:26 WIB
Operasi premanisme digelar Polsek Tanjung Duren Polres Metro Jakarta Barat
Operasi premanisme digelar Polsek Tanjung Duren Polres Metro Jakarta Barat

 

Jakarta, HanTer - "Jadi ini bukan profesional dan penjahat kakap. Tapi butuh sekedarnya diambil untuk dijual. Ini bukan yang canggih misalnya membobol berlian. Jadi menurut saya di mana-mana lagi kondisi seperti sekarang ini, justru jaminan dan perlindungan sosial harus digalakkan. Memang sudah berjalan, tapi masih belum merata," kata Asfinawati.

Dia mengatakan, sekarang ini, orang yang tidak tergolong miskin saja sudah sulit juga untuk memenuhi kehidupan sehari-hari, termasuk di kelas menengah. Misalnya, pemilik salon rumahan yang biasanya hidupnya layak, dengan adanya Corona usahanya menjadi sepi karena orang tidak berani ke salon.

"Jadi menurut saya, pemberian perlindungan sosial, bansos, itu harus lebih banyak dan harus diperluas. Tidak hanya kelompok yang paling miskin, kelompok yang bawah saja belum mencakup semuanya," tegasnya.

Asfinawati menjelaskan, kini banyak narasi yang beredar soal residivis dalam kaitannya dengan kejahatan di tengah pandemi Corona. Namun menurutnya datanya sangat kecil dibandingkan dengan keseluruhan napi yang dibebaskan melalui asimilasi dan integrasi oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

"Itu betul ada, tapi dibilang jadi banyak itu berapa (kecil). Misalnya 1 persen, tapi karena didengungkan lewat WA misalnya, dan sekarang beredar di Whatsapp grup terkait residivis, membuat orang takut," paparnya.

"Meskipun demikian, bukan berarti pemerintah nggak ngapa ngapain. Kuncinya di masa sekarang orang lapar melakukan segala cara. Bansos itu kuncinya" jelasnya. 

Editor: Zamzam Terbit

Tags

Terkini

TEMPEST Raih Kemenangan Pertama di Show Champion

Kamis, 1 Desember 2022 | 12:54 WIB

Southgate 'Warning' Pasukannya Jepang Lawan Senegal

Kamis, 1 Desember 2022 | 08:05 WIB

Sikap Berterus Terang

Kamis, 1 Desember 2022 | 06:24 WIB

Usai Dipeluk Ferdy Sambo, Bharada E Bohong ke Kapolri

Rabu, 30 November 2022 | 17:08 WIB
X