Dinkes DKI Ungkap Empat Langkah Penting Penanganan Hepatitis Akut Misterius

- Senin, 16 Mei 2022 | 19:13 WIB
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti.
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti.

Jakarta, HanTer - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengungkap, ada empat langkah penting terhadap penanganan hepatitis akut misterius. Saat ini sudah ada tiga anak yang meninggal dunia di RSUPN Dr. Ciptomangun Kusumo, Jakarta Pusat karena suspek hepatitis akut misterius. 

"Masyarakat perlu memahami penanganan pertama pada gejala hepatitis akut misterius," demikian informasi yang dikutip dari akun Instagram @dinkesdki pada Senin (16/5/2022). 

Dinkes mengatakan, langkah awal adalah waspada gejala pertama seperti diare, mual, muntah, sakit perut dan dapat disertai dengan demam ringan. Kedua, jika muncul gejala awal, hendaknya tidak panik. 

"Segera bawa pasien ke Puskesmas dan rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan lanjutan," ucapnya. 

Langkah ketiga sebelum berakibat fatal, jangan menunggu muncul gejala lanjutan seperti kulit dan mata kuning. Upaya ini dilakukan agar pasien tidak terlambat mendapatkan pertolongan. 

"Keempat, jika terjadi penurunan kesadaran, segera bawa pasien ke rumah sakit dengan fasilitas ICU Anak," imbuhnya. 

"Kementerian Kesehatan mengimbau para orangtua untuk tidak panik dalam menghadapi virus hepatitis akut misterius," lanjutnya. 

Diberitakan sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengungkap, ada 21 kasus dugaan hepatitis akut misterius di Jakarta. Bahkan tiga bocah di antaranya yang menjadi pasien di RSUPN Dr. Ciptomangun Kusumo, Jakarta Pusat sampai meninggal dunia. 

"Seperti yang disampaikan kemarin data sementara ada 21 kasus yang diduga terkait hepatitis akut. Namun demikian, ini masih dalam proses penyelidikan epidemiologi," kata Ariza di Balai Kota DKI pada Rabu (11/5/2022). 

Halaman:

Editor: Zamzam Terbit

Tags

Terkini

Baiquni Wibowo Dituntut 2 Tahun Penjara

Jumat, 27 Januari 2023 | 16:03 WIB

Agus Nurpatria Dituntut 3 Tahun Penjara

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:55 WIB

Kapolres Pukul dan Tendang Anak Buah Hingga Terkapar

Jumat, 27 Januari 2023 | 11:14 WIB

Akhlak Baik

Jumat, 27 Januari 2023 | 06:26 WIB
X