• Kamis, 26 Mei 2022

Ibadah adalah Kepatuhan

- Minggu, 15 Mei 2022 | 07:31 WIB
Ilustrasi (pixabay)  (pixabay)
Ilustrasi (pixabay) (pixabay)

ULAMA dan cendikiawan muslim Muhammad Quraish Shihab pernah mengatakan beribadah itu bukan hanya amalan yang bersifat ritual seperti shalat, puasa saja.

Melainkan semua kegiatan amal soleh yang positif dengan menggunakan daya pikir, daya fisik, daya kalbu dan daya hidup yang sesuai nilainya, juga merupakan ibadah. "Jangan anggap ibadah itu hanya ibadah ritual’’. 

Memang shalat merupakan kunci ibadah dalam Islam tetapi kegiatan lain yang berkaitan dengan membangun diri dan masyarakat juga dinamakan ibadah.

Baca Juga: Jokowi: Penguatan Kemitraan ASEAN-AS Untuk Antisipasi Pandemi di Masa Depan

"Kalau memang ibadah itu hanya shalat, apalah artinya beberapa menit shalat dibanding kesempatan kita 24 jam sehari. Banyak kesempatan untuk memperbanyak ibadah selain ibadah ritual. Dalam konteks ibadah ada ibadah jiwa, badan, pikiran, harta dan lainnya. 

"Bercengkrama dengan keluarga, bersedekah, memberikan pakaian yang numpuk di lemari tidak terpakai agar bisa dimanfaatkan orang lain yang membutuhkan, menanam tanaman di lahan yang ada, menyingkirkan duri dan sejenisnya di ruang terbuka yang bisa melukai orang, juga termasuk ibadah’’.

Baca Juga: Kapolri Sebut Buruh Bisa Membawa Indonesia Jadi Negara Produsen

Rasulullah dan para sahabatnya tak pernah lalai setiap waktu beribadah senantiasa ingin mendekatkan dirinya dengan Sang Khaliq.

Manakala tengah malam sekalipun udara dingin Rasulullah juga dan para Sahabat selalu terjaga dari tidurnya bersimpuh untuk menghadap Sang Maha Pencipta melakukan ibadah sebagai mi’rajnya kaum muslimin.

Halaman:

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banyak Pohon Tumbang di Tangerang

Kamis, 26 Mei 2022 | 13:43 WIB

Sebagian Jakarta Berpotensi Hujan Kamis Ini

Kamis, 26 Mei 2022 | 06:11 WIB
X