• Kamis, 26 Mei 2022

Anak-anak Kecil di Acara May Day Fiesta

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 15:10 WIB

Jakarta, HanTer - Partai Buruh bersama Gerakan Buruh Indonesia memperingati May Day Fiesta di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, yang sebelumnya sempat aksi di depan DPR/MPR RI, Sabtu (14/5/2022).

Di acara May Day Fiesta ini, tampak tidak hanya buruh (orang-orang) dewasa yang mengikutinya, melainkan juga tampak beberapa anak-anak kecil (di bawah umur) yang mengikutinya.

Berikut momen yang sempat parade.id abadikan:

Soal anak kecil di bawah umur yang diajak dalam aksi, mengutip beberapa media, sebetulnya ada yang diperbolehkan, dan ada yang tidak. Diperbolehkan misalkan Komisioner Komnas HAM Choirul Anam, dimana ia menjelaskan bahwa salah satu kategori anak di bawah umur yaitu remaja.

Baca Juga: Temui Buruh si GBK, Kapolri Disambut Tepuk Tangan Panjang

Anak di bawah umur kategori inilah yang diperbolehkan mengikuti unjuk rasa di jalan-jalan.

"Anak-anak juga memiliki hak untuk berkumpul dan menyuarakan pendapat. Jadi anak-anak juga dibagi umurnya, tidak semua anak-anak tidak boleh menyuarakan pendapat, tidak boleh berkumpul," ujar Choirul di Kantor Komnas HAM.

Selain itu, tidak diperbolehkan. Seperti yang dikatakan oleh Deputi Bidang Perlindungan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) Nahar.

“Anak-anak dilarang terlibat unjuk rasa sesuai dengan Pasal 87 UU 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak,” katanya.

Kemudian dalam Pasal 15 UU Perlindungan Anak 2014 menyatakan bahwa anak-anak harus dilindungi dari penyalahgunaan kegiatan politik, pelibatan dalam kerusakan sosial, dan pelibatan dalam peristiwa yang mengandung kekerasan. Kemudian, anak-anak memiliki hak untuk beristirahat, bermain, berekreasi bersama temannya.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Banyak Pohon Tumbang di Tangerang

Kamis, 26 Mei 2022 | 13:43 WIB

Sebagian Jakarta Berpotensi Hujan Kamis Ini

Kamis, 26 Mei 2022 | 06:11 WIB
X