• Kamis, 26 Mei 2022

Hanura Minta Khalayak Junjung Azas Praduga Tak Bersalah, Buntut Kadernya Dilaporkan ke Polda Metro

- Jumat, 13 Mei 2022 | 23:48 WIB
Ketua Bidang Advokasi dan HAM DPP Partai Hanura, Servas Manek
Ketua Bidang Advokasi dan HAM DPP Partai Hanura, Servas Manek

 

Jakarta, HanTer - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura meminta khalayak untuk menjunjung azas praduga tidak bersalah, buntut kadernya dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Seperti diketahui, Ketua DPD Partai Hanura DKI Jakarta Jimmy Charles Kawengian dilaporkan ke Polda atas adanya dugaan penipuan pada 18 Maret 2022 lalu, dan sampai sekarang kasusnya masih diselidiki aparat. 

Ketua Bidang Advokasi dan HAM DPP Partai Hanura, Servas Manek, menghargai, langkah hukum pelapor yang ingin mencari keadilan lewat jalur hukum. Namun dia mengingatkan, pentingnya menjaga nama baik seseorang di hadapan publik, sekalipun yang bersangkutan adalah terlapor dugaan tindak pidana. 

"Harus dipahami bahwa di dalam hukum itu ada presumption of innocent (azas praduga tak bersalah). Artinya kalau memang ada laporan atas dugaan tindak pidana tertentu, biarkanlah teman-teman di kepolisian yang bekerja untuk menemukan kebenaran materi atas laporan tersebut," kata Servas di Jakarta, Jumat (13/5/2022). 

Servas menduga ada pihak yang sengaja menyebarkan kasus dugaan tindak pidana ini, sehingga menjadi perhatian publik. Sebagai warga yang baik dan patuh terhadap hukum, Servas meyakini kadernya sudah menjalankan kewajiban dalam proses ini dengan baik. 

"Jadi kita tunggu saja dan masyarakat tidak boleh menggunakan media sebagai panggung pengadilan untuk mengadili sesorang, karena orang punya hak untuk membela diri," ujar Servas. 

Dalam kesempatan itu, Servas juga berpesan kepada pelapor maupun pihak luar untuk tidak ikut berkomentar mendahului penyidik terkait kasus ini. Dia meyakini, aparat kepolisian tentu akan memberikan hasil penyelidikannya dari laporan yang ditangani. 

"Ini kan baru penyelidikan dan suatu saat pelapor pasti akan dikirim hasilnya, apakah memenuhi unsur pidana atau tidak. Jadi, tugas mereka tidak berkoar di publik, tapi tanyakan kepada polisi bagaimana hasilnya, karena kalau menggunakan media itu sama saja melakukan sanksi sosial kepada terlapor," jelasnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, politisi Partai Hanura Jimmy Charles Kawengian dilaporkan ke Polda Metro Jaya terkait dugaan penipuan. Hal itu menyangkut usaha jasa potong sapi. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E Zulpan membenarkan informasi tersebut. 

Halaman:

Editor: Zamzam Terbit

Tags

Terkini

Banyak Pohon Tumbang di Tangerang

Kamis, 26 Mei 2022 | 13:43 WIB
X