• Kamis, 26 Mei 2022

Wagub DKI Klaim Tak Mau Campuri Pemilihan Pengganti Anies

- Jumat, 13 Mei 2022 | 21:26 WIB
Wakil Gubernur DKI A Riza Patria. (instagram ariza)
Wakil Gubernur DKI A Riza Patria. (instagram ariza)

Jakarta, HanTer - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengklaim pihaknya tak mau mencampuri proses pemilihan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri. 

Meskipun, Kemendagri bisa menerima masukan dari berbagai pihak, mulai dari kementerian, lembaga, hingga daerah untuk menjaring nama-nama Penjabat Gubernur yang akan dipilih nanti. 

"Soal Pj Gubernur, kami enggak mau mencampuri ke wilayah itu. Kami serahkan sepenuhnya kepada pemerintah pusat," kata Ariza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (13/5/2022). 

Siapapun Pj Gubernur DKI yang akan dipilih nanti, Ariza menekankan sosoknya harus memiliki kemampuan memimpin Jakarta selama kosongnya jabatan Gubernur DKI setelah Anies Baswedan lengser. 

"Kriteria dan syaratnya kita ketahui bersama secara umum. Yang penting, nanti siapapun yang ditugaskan kita dukung bersama, pasti yang ditugaskan adalah orang yang memiliki kompetensi dan pemahaman yang baik," ungkap Riza. 

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan tiga nama calon penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan tengah disaring. Nantinya, nama itu akan diajukan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada September.

"Untuk tiga nama diajukan ke Pak Presiden. Sama yang nanti bulan Oktober (DKI Jakarta) sebulan sebelumnya, lah, September kita nanti akan sudah dapat nama, kita ajukan ke Bapak Presiden," kata Tito kepada wartawan di Gedung Kemendagri.

Sementara untuk pelantikan Pj Gubernur DKI Jakarta akan dilakukan pada Oktober. 

"Bulan Juli Aceh, Oktober DKI Jakarta," ujar eks Kapolri tersebut.

Halaman:

Editor: Zamzam Terbit

Tags

Terkini

Banyak Pohon Tumbang di Tangerang

Kamis, 26 Mei 2022 | 13:43 WIB

Sebagian Jakarta Berpotensi Hujan Kamis Ini

Kamis, 26 Mei 2022 | 06:11 WIB
X