• Sabtu, 13 Agustus 2022

RS Sulianti Saroso Jadi Rujukan untuk Pasien Hepatitis Misterius

- Kamis, 5 Mei 2022 | 21:35 WIB
Ilustrasi anak sakit (ikbal muqorobin)
Ilustrasi anak sakit (ikbal muqorobin)

HARIANTERBIT.com - Pemerintah berupaya mengatasi penyakit hepatitis misterius yang mengancam anak-anak di seluruh dunia.

Pemerintah juga telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/2515/2022 tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui dokter spesialis anak konsultan gastrohepatologi RSCM-Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (RSCM - FKUI), Dr dr Hanifah Oswari SpA(K) dalam konferensi pers update Perkembangan Kasus Hepatitis Akut di Indonesia pada Kamis siang, 5 Mei 2022.

Baca Juga: Persebaya Buka Opsi Tambah Kiper Baru Musim Depan

"Pemerintah juga sudah meminta nakes dan fasyankes (fasilitas layanan kesehatan) untuk menerapkan pencegahan dan pengedalian infeksi, khususnya virus --- yang berkaitan dengan hepatitis akut ini," katanya.

Pemerintah juga telah menunjuk Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Prof Dr Sulianti Saroso dan Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sebagai laboratorium rujukan pemeriksaan spesimen hepatitis akut dengan gejala berat.

Baca Juga: Alasan Maia Estianty Tak Sembarangan Konsumsi Daging

"Karena ada banyak hal yang perlu diinvestigasi, baik itu penyebab dari virusnya sendiri, juga mengapa mendadak banyak anak-anak yang terkena. Bukan hanya di satu negara, tapi di banyak negara sekaligus," katanya.

Menurutnya, informasi itu merupakan cara pemerintah mengantisipasi untuk bisa mengetahui lebih banyak keadaan yang sedang terjadi dan penyebabnya. ***

Halaman:

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menyoal Keamanan ASI Booster bagi Ibu dan Bayi

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:15 WIB

Fakta Dibalik Kontroversi Pelabelan BPA

Senin, 8 Agustus 2022 | 19:54 WIB

Ribuan Sepeda Ontel akan Ramaikan HUT RI di Jakarta

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 10:54 WIB
X