• Sabtu, 10 Desember 2022

Begini Gejala Awal dan Perburukan Penderita Hepatitis Misterius

- Kamis, 5 Mei 2022 | 13:35 WIB
Ilustrasi anak sakit (ikbal muqorobin)
Ilustrasi anak sakit (ikbal muqorobin)

 

HARIANTERBIT.com - Hepatitis akut misterius tengah menjadi perhatian dunia di tengah pandemi Covid-19 belum usia. Hepatitis akut yang belum diketahui etiologinya ini menyerang padan anak-anak di bawah 16 tahun dengan beberapa gejala awal. 
 
Dokter spesialis anak dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Prof. Hanifa Oswari mengatakan gejala awal pada penderita heptitis misterius ini yaitu mual muntah disertai diare. 
 
"Diketahui penyebabnya ini kita melihat dari laporan-laporan kasus yang sudah ada bahwa laporannya itu mulainya dengan gejala seperti misalnya diare, mual muntah,sakit perut yang kadang-kadang disertai dengan demam ringan," ujarnya dalam konferensi pers Kementerian Kesehatan, Kamis (5/5/2022). 
 
 
Prof. Hanifa menambahkan gejala akan berlanjut dengan gejala yang mengarah kepada penyakit hepatitis seperti buang air kecil berwarna gelap dan feses berwarna pucat. 
 
"Dan matanya atau kulitnya kalau diperhatikan berwarna kuning.  Pada saat itu bila dokter memeriksa kadar enzim hati didapatkan salah satu atau kedua enzim ini meningkat diatas 500 U/L," jelas dia.
 
 
Bila gejala berlanjut akan terjadi pembekuan darah pada penderita hingga terjadi pada penurunan kesadaran. Prof. Hanifa mengungkapkan penderita memiliki risiko meninggal jika tidak dilakukan transplantasi hati. 
 
"Bila berlanjut lagi pasien akan mengalami gangguan pembekuan darah dan selanjutnya akan terjadi penurunan kesadaran yang dapat berlanjut menjadi kematian bila pasien tidak dilakukan transplantasi di hati," terang dia. 
 
 
Diketahui badan kesehatan dunia WHO telah menyatakan kejadian luar biasa (KLB) kasus hepatitis misterius ini. Kasus ini ditemukan sejak 5 April dengan jumlah 169 kasus dari 74 negara. Di Indonesia tiga anak meninggal yang disebabkan hepatitis akut misterius ini.***

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Tangkap Pelaku Pencabulan Anak 11 Tahun

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:55 WIB
X