• Kamis, 1 Desember 2022

Jangan Melihat Casingnya

- Minggu, 10 April 2022 | 05:10 WIB
Ilustrasi (pixabay)  (pixabay)
Ilustrasi (pixabay) (pixabay)

IMAN Alghazali dalam kitab Ihya’ ‘Ulumuddin mengatakan jangan menilai seseorang itu semata-mata karena harta atau keadaan keduniaan yang dimilikinya. Orang yang sedemikian hanya akan menghormati orang-orang lain sebab-sebab keduniaannya.

Ingatlah bahwa dunia ini kecil sekali, kecil pula disisi Allah, kecil pula segala isi yang ada didalamnya dibanding dengan pahala Allah yang akan dilimpahkan oleh Allah Ta’ala kepada orang yang taat.

‘’Terhadap orang yang engkau anggap salah, tetaplah engkau harus memperhatikan hak-haknya, tetapi jangan dihiraukan sekali-kali keburukannya itu dan bersikaplah seolah-olah tuli sekiranya orang itu tidak menerima nasihatmu setelah berkali-kali disampaikan padanya,’’ kata Imam Alghazali.

Baca Juga: Ronaldo Tak Berdaya, MU Keok di Markas Everton

Kita memang hanya bisa tahu seseorang dari tampilan lahiriyahnya. Sementaraa di dalamnya, niat hatinya kita tak tahu.

Ada seorang yang berpenampilan gagah, anggun namun kita tak tahu hatinya berakhlak baik atau buruk. Ada orang yang berpenampilan sederhana, biasa-biasa saja tapi lebih mulia di sisi Allah, karena amalannya baik dan akhlaknya mulia.

Baca Juga: Mahfud MD Pastikan Tak Ada Larangan BEM SI Demo 11 April

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya Allah tidaklah melihat pada tubuh kalian. Akan tetapi, Allah melihat pada hati kalian.” Beliau berisyarat menunjuk dadanya dengan jari-jemarinya. (HR. Muslim).

Casing ponsel yang terlihat bagus belum tentu dapat dioperasionalkan, belum tentu perangkat didalamnya bagus, pengaturan operasionalnya dan lainnya dalam ponsel itu belum tentu canggih.

Halaman:

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usai Dipeluk Ferdy Sambo, Bharada E Bohong ke Kapolri

Rabu, 30 November 2022 | 17:08 WIB

Merajut Istighfar

Rabu, 30 November 2022 | 06:11 WIB

FKPPI DKI Bantu Warga Korban Gempa Cianjur

Selasa, 29 November 2022 | 18:53 WIB
X