• Rabu, 28 September 2022

Lagi, Wonosobo Diteror Pergerakan Tanah 

- Jumat, 18 Februari 2022 | 16:21 WIB

Wonosobo, HanTer – Tak disangka, pergerakan tanah di Dusun Karangtengah, Desa Sawangan, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, terulang lagi mengakibatkan sejumlah lahan pertanian ambles dan bangunan serta jalan retak, kata Kepala BPBD setempat Bambang Triyono.

Dikutip dari Antara, Kamis (17/2), Bambang mengatakan kejadian pergerakan tanah di Dusun Karangtengah, Desa Sawangan, Kecamatan Leksono sudah beberapa kali dan kini terjadi lagi.

Ia menyebutkan kejadian pergerakan tanah bermula tahun 2005, kemudian pada 2015, dan 2019. Kejadian tersebut terulang lagi pada awal 2022 ini kondisi cukup parah dengan cakupan pergerakan luas sekitar 6 hektare dan tanah turun dengan kedalaman hingga enam meter.

"Pergerakan tanah tersebut terus berulang setiap musim hujan atau cuaca ekstrim dengan kondisi tanah yang labil," katanya.

Ia menyebutkan akibat kejadian pergerakan tanah tersebut berdampak pada jalan desa ambles sepanjang 60 meter dan tidak bisa dilewati. Dua ruangan SD Sawangan 2 tidak dapat difungsikan karena retak-retak dan kondisi bangunan miring.

Kemudian beberapa rumah penduduk mengalami retak-retak di Dusun Karangtengah dan Dusun Kalimanggis. Lahan persawahan dan perkebunan penduduk ambles dan muncul sumber mata air.

Menurut dia beberapa bangunan rumah yang mengalami retak-retak tersebut hingga saat ini masih ditempati warga.

"Kejadian pergerakan tanah ini sudah kami laporkan ke BNPB maupun ke Badan Geologi untuk dilakukan kajian. Hasil kajian nanti untuk menentukan kebijakan selanjutnya, apakah daerah tersebut masih aman atau tidak untuk permukiman," katanya. Ant

 

Editor: Romi Terbit

Tags

Terkini

STIE Mulia Pratama, Bekasi Gelar Wisuda 260 Sarjana

Rabu, 28 September 2022 | 15:53 WIB

Jokowi Serahkan BSU Peserta BPJAMSOSTEK di Baubau

Rabu, 28 September 2022 | 10:25 WIB

Portugal 0-1 Spanyol: Morata Bawa Spanyol ke Semifinal

Rabu, 28 September 2022 | 08:35 WIB

Soal Berkas Ferdy Sambo cs, Waktu Kejagung Menipis

Selasa, 27 September 2022 | 16:16 WIB
X