• Jumat, 7 Oktober 2022

Petisi Batalkan JHT Cair Usia 56 Tahun 407 Ribu Orang, Said Iqbal: Melawan Presiden, Menaker Harus Dicopot

- Kamis, 17 Februari 2022 | 10:18 WIB
BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan

Jakarta, HanTer— Kebijakan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menerbitkan Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 dituding melakukan perlawanan terhadap Presiden Joko Widodo. Kalangan buruh meminta Jokowi mencopot Ida Fauziyah.

"Copot Menteri Ketenagakerjaaan. Tetapi ini tentu menjadi hak prerogatif presiden Jokowi untuk mencopot," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal.

Desakan pencopotan Menteri Ida yang digemakan dalam unjuk rasa buruh di Makassar, Sulawesi Selatan. Unjuk rasa berlangsung di depan kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar.

Para buruh menyampaikan aspirasinya terkait polemik JHT yang dapat dicairkan oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan jika berusia 56 tahun.

"Kebijakan Ida Fauziah selama ini tidak ada yang pro terhadap buruk. Cabut Permenaker Nomor 2 tahun 2022 dan copot menteri ketenagakerjaan," kata Jenderal lapangan, Kamaruddin saat menyampaikan aspirasinya.

Said mengemukakan, Permenaker yang ditandatangani Ida Fauziyah bertentangan dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas PP Nomor 46 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Hari Tua. PP tersebut ditandatangani Jokowi.

"Peraturan pemerintah atau PP jauh lebih tinggi dibandingkan Permenaker. Dengan demikian Menteri Ketenagakerjaan telah melawan presiden," kata Said dalam konferensi pers di halaman Kemnaker, Jakarta Selatan, Rabu (16/2).

Said menyebut argumen Ida yang mengatakan Permenaker itu mengikuti Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 Tentang Jaminan Sosial Nasional (SJSN) tidak beralasan.

Sebab, PP nomor 60 Tahun 2015 yang diterbitkan Jokowi merupakan langkah yang ia ambil sebagai kepala negara.

Al-Fatihah

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

PN Jakarta Selatan Siap Gelar Sidang Ferdy Sambo

Rabu, 5 Oktober 2022 | 23:06 WIB

Polda Riau Ringkus Pelaku Pembuatan Bom Botol

Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:29 WIB
X