Tolak Perppu Ciptaker Mahasiswa dan Buruh Bakal Aksi Besar-besaran

- Jumat, 31 Maret 2023 | 12:46 WIB
Ilustrasi aksi demo buruh
Ilustrasi aksi demo buruh

HARIANTERBIT.com - Aksi besar menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang tentang Cipta Kerja (Perppu Ciptaker) ala Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal digelar Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI). Aksi akan digelar di Harmoni, Jakarta Pusat, Kamis (6/4/2023 mendatang.

Ketua BEM UI Melki Sedek Huang mengatakan, aksi besar - besaran menolak pengesahan Perppu Ciptaker menjadi UU tersebut merupakan hasil dari kesepakatan bersama dalam konsolidasi yang dilakukan di Universitas Trisakti. Dalam kesepakatan tersebut aksi akbar akan digelar di Harmoni, Jakarta Pusat.

"Hasil konsolidasi kami kemarin di Trisakti menyepakati akan ada aksi besar tanggal 6 April 2023. Kemarin kesepakatannya di Harmoni,” ujar Melki saat dikonfirmasi, Kamis (30/3/2023).

Baca Juga: Pejabat Pajak Terima Gratifikasi Puluhan Miliar, Artis R Diduga Terlibat Kasus Rafael Alun

Melki juga menyampaikan bahwa aksi tersebut akan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai kampus serta elemen masyarakat lain seperti buruh. Menurutnya Buruh merupakan elemen masyarakat yang paling terdampak akibat pengesahan Perppu Ciptaker.

"Aksi ini akan diikuti oleh mahasiswa dari puluhan kampus, buruh dari berbagai serikat, juga ribuan orang lainnya dari berbagai elemen masyarakat yang terciderai dengan Perppu Cipta Kerja" imbuh Melki.

Aksi menolak pengesahan Perppu Ciptaker menjadi UU juga dilakukan ratusan mahasiswa yang tergabung Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI). Mereka menggelar demo di depan gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2023).

Baca Juga: Hari ini Tarik Rem Belanja Online, Shio Ular! Cek Ramalan untuk Shio Naga, Shio Kuda, Shio Kerbau

Tidak hanya mahasiswa, aksi menolak pengesahan Perppu Ciptaker juga dilakukan sejumlah buruh yang tergabung dalam berbagai elemen. Bahkan para buruh tersebut menggelar unjuk rasa besar-besaran serentak di berbagai kota di seluruh Indonesia, di antaranya, Bandung-Jawa Barat, Semarang-Jawa Tengah, Surabaya-Jawa Timur.

Selain itu, Jogjakarta, Medan-Sumatera Utara, Aceh, Bengkulu, Lampung, Pekan Baru-Riau, Batam-Kepulauan Riau, Banjarmasin-Kalimantan Selatan, Samarinda-Kalimantan Timur, Makassar-Sulawesi Selatan, Morowali-Sulawesi Tengah, Ambon-Maluku, Ternate-Maluku Utara dan beberapa kota industri lainnya.

Baca Juga: KPK akan Periksa Pj Bupati Bombana Burhanuddin usai Istrinya Pamer Harta Kekayaan dan Liburan di AS

Para buruh menolak pengesahan Perppu Ciptaker karena dampak buruh yang akan dialaminya. Seperti kenaikan upah minimum yang kecil, outsourcing di semua jenis pekerjaan, kontrak berkepanjangan, PHK mudah, hingga pesangon murah. ***

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ngeri! Nikita Mirzani Ucap Doa Ini Untuk Loly

Senin, 5 Juni 2023 | 12:52 WIB

Cara Asyik Milenial Ini Sukseskan Pilpres 2024

Sabtu, 3 Juni 2023 | 18:26 WIB

Buruh Peduli Pendidikan Anak Buruh di Jakut

Sabtu, 3 Juni 2023 | 17:18 WIB
X